Breaking News

Dulu Mengkritik! Kini AHY Nikmati Lari Pagi di Kawasan IKN: Sangat Senang dan Bangga


Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), baru-baru ini membagikan momen saat dirinya tengah menikmati keindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Sambil joging di pagi hari, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)itu lantas menunjukkan lokasi-lokasi strategis di IKN. Mulai dari Istana Negara, lapangan upacara, hingga gedung-gedung perkantoran.

"Saat ini saya sedang berada di sebuah bukit yang bisa melihat secara luas pemandangan yang begitu indah," kata AHY di Instagram, dikutip Jumat (1/3/2024).


"Kalau lihat di sana, itu adalah kawasan inti, pusat pemerintahan yang sedang dibangun. Nanti di sana ada istana kepresidenan, ada lapanga upacara untuk 17 Agustusan, lalu ada kompleks perkantoran, termasuk untuk para Menteri," lanjutnya.

AHY lantas menjelaskan bahwa IKN akan dibangun secara bertahap. Nantinya, kawasan tersebut akan menjadi pusat peradaban tanah air menuju Indonesia emas 2045.

"Yang jelas, IKN ini akan dibangun secara bertahap dan secara progresif, bukan hanya untuk pusat pemerintahan, tapi juga sebagai pusat ekonomi, pusat kebudayaa, pusat pendidikan dan semua yang menjadi representasi Indonesia semakin maju," kata AHY.

Suami Annisa Pohan itu nampak terpesona dengan keindahan alam di IKN. Selain pemandangan yang masih asri, udaranya juga sejuk.

"Saya saat ini berada di sebuah halipad, tadi baru saja cari keringat, lari pagi dan menikmati alam yang begitu indah, udaranya juga cukup sejuk kalau dipagi hari. Dan saat ini menikmati hamparan alam dan bukit-bukit yang serba hijau dan InsyaAllah akan semakin hijau jika pembangunan kontruksi telah selesai," jelasnya.

Ia lantas mengaku bangga, bahwa melalui pembangunan IKN, Indonesia akhirnya punya sebuah pusat peradaban. Tak lupa, AHY mengakui jika hal itu merupakan sebuah cita-cita dari seorang Joko Widodo (Jokowi).

"Tapi yang jelas, kita sangat senang dan bangga jika pada akhirnya Indonesia memiliki sebuah pusat kebudayaan, pusat peradaban yang juga tinggi karena visi dari Presiden Joko Widodo dan kita semua," kata dia.

Sebelumnya, AHY sebagai Ketum Partai Demokrat sempat melakukan kritik pedas terhadap rencana pemerintah membangun IKN. Menurut dia, pembangunan IKN hanya akan menambah beban ekonomi bagi negara.

"Di situlah mengapa kita ingin mendorong pertumbuhan ekonomi semakin pesat, kue ekonomi makin besar, makin banyak yang dibagi, termasuk buat infrastruktur, termasuk buat IKN,” kata dia dalam pidato politiknya pada Jumat (14/7/2023) lalu.

Belakangan, AHY mengakui jika dirinya memang sempat memberi kritik atas rencana pembangunan IKN. Namun ia memberi pembelaan bahwa saat itu hanya mengingatkan Jokowi lantaran dunia baru saja dilanda pandemi Covid-19.

"Saya tidak terbiasa untuk mengelak dari apa yang saya sampaikan dan saya menyampaikan itu juga dengan niatan yang baik. Presiden Jokowi juga pasti memahami. Kami hanya mengingatkan ketika itu ada masa recovery pasca covid," kata AHY saat berkunjung ke kawasan proyek IKN, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu (28/2).

Sumber: suara
Foto: 
Dulu Mengkritik! Kini AHY Nikmati Lari Pagi di Kawasan IKN: Sangat Senang dan Bangga Dulu Mengkritik! Kini AHY Nikmati Lari Pagi di Kawasan IKN: Sangat Senang dan Bangga Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar