Breaking News

Sempat Ditolak GP Ansor, Kajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya Akhirnya Jalan Terus


Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Al-Ikhas Jalan Tanjung Sadari Kelurahan Perak Barat Surabaya sempat diwarnai penolakan dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Akan tetapi, kajian tersebut terus berjalan usai dilakukan media antara pengurus masjid dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Surabaya.

Sekretaris GP Ansor Kota Surabaya Rizam Syafiq mengatakan, alasan penolakan tersebut terkait isi ceramaah yang dinilai provokatif dan menolak amaliyah Nahdlatul Ulama (NU).

"GP Ansor Krembangan berkomitmen menjaga situasi kondusif yang mengedepankan tabayun kepada pihak Yayasan Masjid Al-Ikhlas yang menyelenggarakan kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan mengajukan surat keberatan," ujarnya dilansir dari Ketik.co.id--partner Suara.com, Minggu (3/3/2024).

Dia menegaskan, GP Ansor tidak pernah membubarkan pengajian. Pihaknya hanya menolak karena isi ceramah yang dinilai bersifat provokatif.

Kendati demikian, telah ada mediasi dari Yayasan Masjid Al-Ikhlas tempat kajian ustaz Syafiq Riza Basalamah. Dalam Surat Pernyataan Nomor B/19/S.PYT/II/2024 yang dikeluarkan pada 1 Maret 2024 memastikan bahwa kajian ustaz Syafiq Riza Basalamah tidak akan menjelekkan atau menyinggung amaliyah NU.

Selain itu, dalam surat juga disebutkan kajian tidak akan bersifat provokatif.

"Pihak yayasan memastikan kajian Ustaz Riza Basalamah tidak akan menjelekkan dan/atau menyinggung amaliah Nahdlatul Ulama, tidak akan bersifat provokatif yang dapat menimbulkan perpecahan di kalangan umat lslam," kata Rizam.

Pihak yayasan, kata Rizam, juga akan nbertanggung jawab apabila kajian melanggar poin yang tercantum dalam surat pernyataan. Tidak hanya itu, dalam surat juga disebutkan akan tetap menjaga ketertiban serta keamanan masyarakat.

Berdasarkan msusyawarah yang telah dilakukan, GP Ansor akan bersama mengawal kajian Ustaz Riza Basalamah.

Kajian berlangsung dengan aman dan sesuai dengan kesepakatan yang telah terjalin.

"Kami meminta Saudara Syafiq Riza Basalamah tidak lagi berceramah yang penuh kontroversi dengan menyinggung amaliyah maupun tradisi NU," tandasnya.

Sumber: suara
Foto: Tangkapan layar Ustaz Syafiq Riza Basalamah melarang umat muslim mengucapkan "Bumi Pertiwi". (TikTok)
Sempat Ditolak GP Ansor, Kajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya Akhirnya Jalan Terus Sempat Ditolak GP Ansor, Kajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya Akhirnya Jalan Terus Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. apakah PKS setuju dengan semua isi ceramah Ust. Syafiq RB ?

    BalasHapus