Breaking News

Singgung soal Korupsi Tambang, Mahfud MD Malah Kena Semprot Warganet: Kenapa Nggak Dibasmi?


Kasus korupsi yang menyeret suami Sandra Dewi, Harvey Moeis kini tengah menjadi perhatian publik. Belakangan kembali viral pernyataan Mahfud MD terkait dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk 2015-2022 tersebut.

Ketika masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD pernah menyinggung soal korupsi di pertambangan. Mengutip perkataan mantan ketua KPK, Abraham Samad.

"Saya kan cerita bahwa pada tahun 2013, 2014. Jejak digitalnya nanti dicari aja di Google pasti masih ada. Itu ada informasi dari Kepala PPATK waktu itu Abraham Samad," ungkap Mahfud MD dikutip dari unggahan akun instagram @undercover.id pada Jumat (29/3/2024).


Menurut Abraham Samad, kata Mahfud MD, jika celah korupsi di pertambangan bisa dihapuskan, maka masing-masing penduduk Indonesia bisa mendapatkan uang tunai senilai Rp20 juta tanpa bekerja.

"Kalau saja di dunia pertambangan ini kita bisa menghapus celah-celah korupsi. Maka setiap kepala orang Indonesia itu, setiap bulan akan mendapat uang Rp20 juta rupiah tanpa kerja apapun. 20 juta sebulan gratis dari negara," kata Mahfud MD menirukan perkataan Abraham Samad.

Sontak saya, pernyataan Mahfud MD itupun menuai beragam komentar warganet. Tak sedikit pula warganet yang justru mempertanyakan kinerja Mahfud MD lntaran dianggap tidak berupaya memberantas korupsi di pertambangan.

"Pak Mahmud kan punya Power ya waktu pas jadi menteri kenapa ga di basmi ya ?," komentar warganet.

"Tapi kenapa pak Mahfud ga bisa basmi ya selagi jadi menteri," timpal warganet lainya.

Abraham Samad sendiri pernah memeparkan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh KPK demi menutup celah korupsi di pertambangan. Diantaranya menjalin koordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan.

KPK juga melakukan supervisi perbaikan di sektor sumber daya alam, khususnya pertambangan demi mengetahui persoalannya.

Adapun Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan 16 tersangka yang terlibat dalam kasus korupsi timah ini. Dari 16 tersangka, dua nama adalah sosok yang cukup dikenal publik yaitu Harvey Moeis, suami artis Sandra Dewi dan Helena Lim, crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

Akibat perbuatan para tersangka, kerugian negara diperkirkan mencapai Rp271 triliun.

Sumber: suara
Foto: Mahfud MD sentil soal korupsi tambang (Dok. Instagram @andercover.id)
Singgung soal Korupsi Tambang, Mahfud MD Malah Kena Semprot Warganet: Kenapa Nggak Dibasmi? Singgung soal Korupsi Tambang, Mahfud MD Malah Kena Semprot Warganet: Kenapa Nggak Dibasmi? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar