Breaking News

5 Fakta Harvey Moeis Sembunyikan Uang Rp 76 Miliar di Rumah, Kok Bisa Tak Terendus?


Kejaksaan Agung alias Kejagung perlahan kini mampu melacak uang Harvey Moeis yang diduga dihasilkan dari kasus korupsi terkait penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

Bukan main, uang tersebut sejumlah Rp76 miliar dan telah disita sebagai barang bukti. Uang tersebut disimpan di rumah Sandra Dewi yang juga merupakan istri dari Harvey  Moeis.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga menduga bahwa uang tersebut sengaja disimpan di rumah untuk tak terdeteksi dari pihak berwajib.

Kronologi uang Rp76 M Harvey Moeis disita

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus atau Jampidsus Kejagung menyambangi rumah suami Sandra Dewi tersebut pada Senin (1/4/2024).

Dalam kedatangan mereka, Kejagung turut menyita uang Rp76 miliar yang tersimpan di rumah Harvey Moeis dan istrinya yang berlokasi di kawasan elit Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Tim penyidik Kejagung turut menyita sejumlah barang bukti elektronik, dari dokumen hingga dua mobil mewah.

Mobil Rolls-Royce Harvey Moeis ikut disita

Selain uang tunai tersebut, Kejagung juga turut menyita beberapa kekayaan Harvey Moeis tersebut, yakni 2 buah unit mobil mewah yaitu 1 unit mobil Mini Cooper S Countryman F 60 berwarna merah dan 1 unit mobil Rolls-Royce berwarna hitam.

Simpan di rumah agar tak terendus

Uang tersebut tak terendus oleh pihak berwajib lantaran disimpan secara tunai di rumah Harvey dan Sandra Dewi.

Sebab, metode penyimpanan uang tersebut menyulitkan pihak berwajib seperti PPATK untuk melacak perputaran uang Harvey Moeis.

Hal itu senada dengan penjelasan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, Kamis (4/4/2024).

Ivan sontak mencontohkan beberapa kasus korupsi lainnya yang sama yakni kala para pelaku menyimpan uang haram mereka di kediaman mereka.

Kendati demikian, pihak berwajib tetap bisa melacak aliran uang koruptor seperti Harvey Moeis.

Harvey ikut dituding kasus pencucian uang

Berkat penemuan uang dan aliran aset Harvey Moeis, ia juga berakhir resmi ditetapkan menjadi tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), sebagaimana yang disampaikan Diridik Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi, Kamis (4/4/2024).

Kuntadi juga membeberkan bahwa pihaknya telah memblokir rekening Harvey Moeis untuk menelusuri aliran dana gelap lainnya di luar Rp76 miliar yang telah disita.

Sandra Dewi bakal diperiksa

Penemuan uang tersebut juga membuat Sandra Dewi bakal diperiksa terkait kemungkinan keterlibatannya dalam dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh sang suami.

“Dalam perkara pokoknya (korupsi), siapapun yang terkait bisa dipanggil untuk diminta keterangannya. Termasuk peran dari isterinya (Sandra Dewi),” kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Ketut Sumedana di Kejagung, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Adapun sang istri Harvey Moeis tersebut juga telah memenuhi panggilan Kejagung untuk diperiksa di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Sumber: suara
Foto: Sandra Dewi dan Harvey Moeis (Instagram/sandradewi88)
5 Fakta Harvey Moeis Sembunyikan Uang Rp 76 Miliar di Rumah, Kok Bisa Tak Terendus? 5 Fakta Harvey Moeis Sembunyikan Uang Rp 76 Miliar di Rumah, Kok Bisa Tak Terendus? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar