Breaking News

Belum Setahun Diresmikan Tol Bocimi Sudah Longsor, Kok Bisa?


Insiden longsor Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) menimbulkan banyak reaksi para warganet. Banyak warganet yang bertanya-tanya proyek jalan tol Bocimi yang belum genap setahun, tetapi sudah alami masalah.

Salah satunya, akun X @k4m4lk**** yang menilai ada kesalahan dari perencanaan pembangunan ruas tol tersebut, sehingga menyebabkan kejadian longsir tersebut.

"Tol bocimi exit Parungkuda ini setahu saya masih baru belum ada 2 tahun dibuka. Kalau longsor tanpa ada bencana alam berarti ada kesalahan pada saat perencanaan dan tahu saat pelaksanaan konstruksi dilapangan," cuitnya seperti dikutip Suara, Kamis (4/4/2024).

Hal berbeda diungkapkan oleh akun X @******dan_Sayur, yang justru menilai ada kesalahan dari sisi pelaksanaan proyek tol Bocimi. Akun tersebut juga merasa heran dengan konstruktor yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang menggarap Tol Bocimi.

"Lebih percaya ke pelaksanaan, untuk perencanaan yang approval-nya sangat-sangat berlapis kecil kemungkinan ada kesalahan. Apa yang diharepin dari Waskita," tulis akun itu.

Imbas Hujan Deras

Longsor di Tol Bocimi wilayah Parungkuda, Sukabumi [Ist]

Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang dikelola PT Trans Jabar Tol (TJT) mengalami ambles pada Rabu (3/4) malam. Manajemen menduga amblesnya jalan tersebut disebabkan oleh intesitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

Adapun, longsor terjadi tepatnya di Tol Bocimi Seksi 2 pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Kekinian manajemen masih indentifikasi dampak amblesnya ruas tol tersebut.

"Saat ini TJT masih dalam proses mengidentifikasi dampak akibat longsor atas lajur lainnya dan melakukan tindakan agar lajur yang longsor dapat segera diperbaiki dan digunakan kembali," kata manajemen TJT seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/4/2024).

Diresmikan Tahun 2023

Sebagai informasi, ruas Tol Bocimi terdiri dari empat seksi yang meiliki panjang 53,6 kilometer. Tol tersebu menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Adapun, Seksi 1 Ciawi-Cigombong sudah beroperasi sejak Desember 2018. Selanjutnya Seksi 2 Cigombong-Cibadakdiresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2023.

Sumber: suara
Foto: Kemacetan Yang Terjadi Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024 di Exit Tol Bocimi (Parungkuda Sukabumi) [Instagram]
Belum Setahun Diresmikan Tol Bocimi Sudah Longsor, Kok Bisa? Belum Setahun Diresmikan Tol Bocimi Sudah Longsor, Kok Bisa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar