Breaking News

Citra Satelit Ungkap Serangan Iran Bikin Kerusakan di Pangkalan Udara Israel


Gambar citra satelit yang dianalisis oleh The Associated Press pada hari Minggu (21/4/2024) WIB menunjukkan hasil serangan Iran ke Israel. Serangan ratusan drone dan rudal pada 13 April 2024 tersebut menunjukkan kerusakan pada bagian taxiway atau jalan penghubung antara landasan pacu dan pelataran parkir pesawat di pangkalan udara gurun di Israel.

Kerusakan yang terjadi di pangkalan udara Nevatim di Israel selatan memang tidak masif, setelah pertahanan udara dan jet tempur Israel, yang didukung oleh AS, Inggris, dan negara tetangga Yordania, berhasil menembak jatuh sebagian besar tembakan yang datang.

Namun serangan Iran akhir pekan lalu menunjukkan kemampuan Teheran untuk menggunakan persenjataan rudal balistiknya yang luas secara langsung terhadap Israel. 

Serangan balasan Israel pada hari Jumat di Isfahan, Iran, dan tanggapan Teheran terhadap serangan tersebut menunjukkan bahwa kedua negara ingin menghentikan perang bayangan mereka yang sudah berlangsung lama untuk saat ini.

Gambar yang diambil pada hari Jumat untuk AP, menunjukkan lapisan aspal baru melintasi taxiway dekat hanggar di bagian selatan pangkalan udara Nevatim, sekitar 65 kilometer (40 mil) selatan Yerusalem. Surat kabar harian Haaretz, yang menerbitkan gambar-gambar beresolusi lebih rendah dari situs tersebut pada hari Kamis, mengidentifikasi hanggar di dekatnya sebagai tempat tinggal pesawat kargo C-130 yang diterbangkan oleh skuadron transportasi.

Citra satelit tersebut sesuai dengan rekaman yang sebelumnya dirilis oleh militer Israel, yang menunjukkan peralatan konstruksi sedang bekerja di taxiway yang rusak. Sebuah hanggar di latar belakang video mencerminkan apa yang terlihat di dekatnya.

Gambar lain yang dirilis oleh militer Israel menunjukkan lubang di pasir dan kerusakan di bawah tembok yang dikatakan berasal dari serangan Iran. 

“Operasi ini menjadi tanda kekuatan Republik Islam Iran dan angkatan bersenjatanya,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi pada hari Jumat. 

“Operasi ini juga menunjukkan tekad baja bangsa kami dan pemimpin kami yang bijaksana, panglima semua kekuatan,” tegasnya.

Hal ini menunjukkan persenjataan Iran memiliki kemampuan untuk mencapai Israel, karena serangan tanggal 13 April menandai serangan militer langsung pertama terhadap negara tersebut oleh negara asing sejak diktator Irak Saddam Hussein meluncurkan rudal Scud ke Israel pada Perang Teluk tahun 1991.

Sumber: beritasatu
Foto: Foto satelit yang menunjukkan pangkalan udara Nevatim Israel pada hari Jumat, 19 April 2024, setelah diserang Iran. (AP/AP)
Citra Satelit Ungkap Serangan Iran Bikin Kerusakan di Pangkalan Udara Israel Citra Satelit Ungkap Serangan Iran Bikin Kerusakan di Pangkalan Udara Israel Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar