Breaking News

Peluang Didukung PDIP di Pilkada Sumut 2024, Edy Rahmayadi: Saya Hormat Kepada PDIP!


Mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi masuk dalam salah satu tokoh yang didukung PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Edy Rahmayadi pun mengucapkan terima kasih secara pribadi atas dukungan dari PDIP tersebut. Mantan Pangkostrad ini pun memberikan hormat.

"Alhamdulillah. Jangankan PDIP, semua saya beri apresiasi. Saya hormat kepada PDIP. PDIP partai besar," ujar Edy usai salat ied di rumah dinas Gubernur Sumut bersama Penjabat (Pj) Gubernur, Hasanuddin, Rabu, 10 April 2024.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Aswan Jaya menyebut pihaknya berpeluang mengusung Edy Rahmayadi untuk Pilkada Sumut 2024.

Menurut Aswan, PDIP menjalin komunikasi yang baik dengan Edy Rahmayadi sejak masih menjabat sebagai Gubernur Sumut.

"Komunikasi PDI Perjuangan dengan Pak Edy Rahmayadi semasa dia menjadi gubernur cukup bagus, antar legislatif maupun eksekutif baik-baik saja, saya pikir komunikasi itu masih terus berjalan," ujar Aswan.

Diketahui, PDIP Sumut telah membuka pendaftaran untuk penjaringan kandidat yang akan diusung di Pilkada serentak 2024.

Proses penjaringan bakal calon kepala daerah dari PDIP dibuka sejak Rabu, 3 April 2024 sampai pertengahan Mei 2024.

Pembukaan penjaringan tersebut sesuai dengan instruksi dari DPP PDIP.

Pada hari pertama pembukaan penjaringan untuk Pilkada Sumut 2024, PDIP telah dihubungi oleh 3 orang tokoh yang berminat. Ketiganya yakni Edy Rahmayadi, Nikson Nababan dan Rahmansyah Sibarani.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Sumut Mangapul Purba mengatakan, Edy Rahmayadi telah berkomunikasi lewat telepon menyampaikan kesiapan maju sebagai calon Gubernur Sumut dari PDIP.

"Saat hari pertama penjaringan, beliau (Edy Rahmayadi) lewat telepon secara terbuka menyampaikan berminat untuk maju sebagai Gubernur dari PDIP," ujar Mangapul, Kamis, 4 April 2024.

Mangapul mengatakan, pihaknya menghargai komunikasi yang dibangun oleh Edy Rahmayadi. Dia mempersilahkan Edy untuk mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Sumut dari PDIP.

"Kita menghargai komunikasi pak Edy, dan kami terbuka untuk siapa saja tokoh tokoh yang ingin bergabung. Kita persilahkan Pak Edy mengambil formulir pendaftaran," kata Mangapul.

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Sumut ke DPD PDIP Sumut.

Nikson yang juga Ketua DPC PDIP Taput ini menjadi pendaftar pertama di partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Penyerahan berkas pendaftaran dilakukan saat acara buka puasa bersama DPD PDIP Sumut di Lee Polonia Hotel Medan, Sabtu, 6 April 2024

PDIP memiliki perolehan kursi yang memenuhi syarat untuk mengusung sendiri calon Gubernur Sumut. PDIP meraih 21 kursi untuk DPRD Sumut pada Pileg 2024 kemarin. (*)

Sumber: kilat
Foto: Edy Rahmayadi (Kanan) melakukan salat ied di rumah dinas Gubernur Sumut bersama Penjabat (Pj) Gubernur, Hasanuddin, Rabu, 10 April 2024. (dok. FB Edy Rahmayadi)
Peluang Didukung PDIP di Pilkada Sumut 2024, Edy Rahmayadi: Saya Hormat Kepada PDIP! Peluang Didukung PDIP di Pilkada Sumut 2024, Edy Rahmayadi: Saya Hormat Kepada PDIP! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar