Breaking News

Tebar Senyum Saat Suami Kena Kasus Korupsi, Pakar Ekspresi Sebut Sandra Dewi Tak Merasa Berdosa


Ekspresi serta gestur Sandra Dewi saat menghadiri pemeriksaan kasus korupsi PT Timah yang menyeret suaminya, Harvey Moeis di Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pada Kamis (4/4/2024) kemarin mendapat sorotan tajam dari pakar ekspresi, Kirdi Putra. Menurutnya, sang artis cukup percaya diri saat datang menemui penyidik.

“Sandra Dewi menunjukkan ekspresi yang cukup percaya diri,” ujar Kirdi Putra di kanal YouTube Intens Investigasi, Jumat (5/4/2024).

Bukan cuma percaya diri, Sandra Dewi dinilai Kirdi Putra sangat tenang saat melangkahkan kaki di area gedung Kejagung. Senyuman yang ditampilkan pun sangat lepas, seperti tidak ada rasa bersalah setelah Harvey Moeis terjerat kasus korupsi.


“Pede dan tenang, iya. Terlihat dari senyumnya, gesturnya, cara dia berinteraksi. Itu tenangnya luar biasa,” terang Kirdi Putra.

“Senyuman dia juga sama sekali tidak mengandung berbagai macam unsur selain senyum lepas. Nggak ada ketakutan, sedih dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Kirdi Putra yakin, Sandra Dewi bisa menunjukkan ketenangan seperti itu karena optimis bakal lolos dari hukuman berat andai terbukti ikut menampung uang hasil korupsi.

“Nggak ada ceritanya, pengusaha bisa melakukan tindakan seperti yang dilakukan Harvey dan temen-temennya, tanpa ada campur tangan dari pejabat terkait. Dari PT Timah, dari pejabat dan aparat penegak hukum daerahnya, nggak mungkin itu semua terjadi tanpa bantuan mereka,” papar Kirdi Putra.

“Kalau tidak ikut ditangkap, pihak-pihak ini pasti akan melindungi mereka supaya proses hukumnya tidak terlalu berat,” imbuhnya.

Oleh karenanya, sangat wajar menurut Kirdi Putra kalau Sandra Dewi terkesan tidak tahu malu dengan masih aktif menebar senyum saat sang suami terjerat kasus korupsi.

“Wajar buat saya kalau Sandra Dewi masih pede dan bisa menebar senyum. Kalau ditanya apakah ini adil, emang pernah kah di sini kita adil?,” ucap Kirdi Putra.

Sebagaimana diketahui, Kejaksaan Agung RI mengumumkan keterlibatan Harvey Moeis dalam kasus korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah pada Rabu (27/3/2024). Ia jadi salah satu saksi yang dimintai keterangan oleh penyidik.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa dalam rentang waktu 2018 sampai 2019, Harvey Moeis disebut ikut memfasilitasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah sebagai kepanjangan tangan PT RBT. Harvey berperan mencari rekanan dalam urusan penyewaan alat peleburan timah di kegiatan pertambangan ilegal tersebut.

Harvey Moeis turut bertanggung jawab mengumpulkan jatah keuntungan dari masing-masing rekanan untuk kemudian diserahkan ke PT Timah. Kegiatan yang Harvey lakukan masih punya kaitan dengan tersangka lain, Helena Lim.

Harvey Moeis sendiri ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan usai menjalani pemeriksaan. Ia dikenakan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 jo Pasal 18 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atas keterlibatan dalam praktek pertimbangan ilegal di PT Timah.

Sejumlah aset juga sudah disita dari Harvey Moeis. Di antaranya dua mobil mewah tipe Rolls-Royce dan Mini Cooper, serta uang Rp10 miliar dan SGD 2 juta.

Sandra Dewi sendiri dipanggil untuk dimintai keterangan soal rekening milik Harvey Moeis yang sudah diblokir, tapi tidak ada kaitannya dengan dugaan tindak pidana korupsi yang ia lakukan. Langkah tersebut diambil guna menghindari kesalahan dalam penyitaan aset Harvey.

Sumber: suara
Foto: Artis Sandra Dewi menyapa wartawan saat datang untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (4/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
Tebar Senyum Saat Suami Kena Kasus Korupsi, Pakar Ekspresi Sebut Sandra Dewi Tak Merasa Berdosa Tebar Senyum Saat Suami Kena Kasus Korupsi, Pakar Ekspresi Sebut Sandra Dewi Tak Merasa Berdosa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar