Breaking News

Djarot PDIP Soroti Ucapan Prabowo Tak Bergaya Militer Saat Jadi Presiden: Kita Lihat Aslinya Seperti Apa


Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat mengomentari soal pernyataan Prabowo Subianto yang mengaku tak menerapkan gaya militer saat memimpin negara nanti.

Menurut Djarot, nanti akan terlihat sendiri gaya asli kepemimpinan Prabowo usai dilantik menjadi Presiden. Dia bilang, bagaimanapun gaya militer sudah tertanam dalam diri Prabowo.

"Kami mengikuti Pak Prabowo menyampaikan bahwa gaya kepemimpinannya berbeda dari mentornya, yaitu Pak Jokowi ya. Kita akan melihat gaya kepemimpinan asli Pak Prabowo seperti apa, meskipun sudah 25 tahun itu sudah di luar militer," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis (17/5/2024).

"Tapi, bagaimana pun juga gaya kemiliteran sudah tertanam di dalam dirinya," sambungnya.

Ia pun mempertanyakan, apakah bisa seseorang itu berubah watak dan karakternya. Meski dirinya berharap ada perubahan dari diri Prabowo.

"Karakter di militer itu juga tidak ada yang salah bagus, disiplin royal, patriotik, fokus, gitu kan," katanya.

Lebih lanjut, Djarot menyampaikan, gaya kepemimpinan apapun boleh dilakukan termasuk militer, hanya saja jangan sampai kepemimpinan itu dilakukan seperti era orde baru atau orba.

"Yang tidak bagus adalah apabila menggunakan kekuatan-kekuatan yang seperti rezim orba untuk membungkam, untuk mengintimidasi untuk melarang membatasi dan sebagainya. Tapi zaman sekarang hal seperti itu sulit untuk dilakukan jadi mudah-mudahan kita lihat saja," imbuh dia.

Sebelumnya, Presiden terpilih, Prabowo Subianto berusaha meluruskan pandangan sejumlah kalangan yang menyebut dirinya akan menerapkan gaya militer saat memimpin negara.

Prabowo mengaku akan menjadi diri sendiri ketika menjabat sebagai presiden nantinya.

Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Qatar Economic Forum di Doha, Qatar, Rabu (15/5/2024).

“Saya telah ke luar dari militer cukup lama, mungkin lebih dari 25 tahun. Itu tidak terkait dengan apapun. Saya akan menjadi diri saya sendiri, apa adanya," kata Prabowo.

Ketimbang bergaya militer, Prabowo mengaku akan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang ia yakini.

Mantan Danjen Kopassus tersebut mengaku, ada nilai utama yang selalu dipegangnya yakni mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Rakyat Indonesia harus aman, tidak boleh ada yang lapar, rakyat Indonesia harus punya hidup yang baik. Ini adalah mimpi setiap patriot di negara mana pun di dunia," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga mengungkap alasannya terus-terusan mencoba maju sebagai calon presiden.

Prabowo mengaku memiliki keinginan untuk mengabdi kepada rakyat.

Sumber: suara
Foto: Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto memberikan pernyataan usai menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Kertanegara, Jakarta, Kamis (25/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
Djarot PDIP Soroti Ucapan Prabowo Tak Bergaya Militer Saat Jadi Presiden: Kita Lihat Aslinya Seperti Apa Djarot PDIP Soroti Ucapan Prabowo Tak Bergaya Militer Saat Jadi Presiden: Kita Lihat Aslinya Seperti Apa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar