Breaking News

Keluarga Menduga Nur Qaila Dibunuh dan Dibuang ke Truk Sampah


Keluarga mengungkap ada banyak kejanggalan dari kasus kematian Nur Qailah, anak perempuan berusia tiga tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka tak percaya korban terjatuh ke kanal dan terbawa arus bersama sampah.

Korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa pada Jumat, 17 Mei 2024 di TPA Antang. Kondisinya mengenaskan. Tubuhnya penuh luka. Bahkan ada bagian organ tubuh keluar.

Kasus ini tengah diselidiki pihak kepolisian. Sebelumnya, polisi menduga korban terjatuh ke kanal dan mayatnya terangkut bersama sampah hingga ke di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang.

"Ginjalnya keluar, kaki kirinya patah dan ada beberapa luka di tubuh," ujar Rahman, kakek korban.

Kondisi tersebut membuat pihak keluarga menduga korban dibunuh. Mayatnya diduga dibuang di truk sampah yang tak jauh dari rumah korban.

"Kalau kecurigaan kami, korban ini dibunuh dan mayatnya ditaruh di truk sampah yang memang sudah ada isi (sampahnya)," sebut Rahman saat ditemui di rumahnya.

Kecurigaan pihak keluarga bukan tanpa alasan. Kata Rahman, mereka menemukan sejumlah kejanggalan terkait meninggalnya bocah yang dikenal periang itu.

"Kami tidak kepikiran kalau korban jatuh ke kanal sampai terangkut ke TPA," ucapnya.

Jarak antara rumah korban dan TPA Antang adalah 13 km lebih. Di dekat rumah korban memang ada pintu kanal Manunggal untuk menyaring sampah.

Namun, menurut pihak keluarga, pagar tembok kanal tidak mungkin bisa dipanjat oleh anak berusia tiga tahun. Saat kejadian, air kanal juga sedang surut.

"Kalau pun jatuh, pasti ada terdengar bunyi. Sementara dekat lokasi itu banyak orang saat sore, masa tidak ada yang lihat kalau jatuh," ucapnya.

"Kalau korban juga tenggelam, pasti terangkat naik ke permukaan tiga atau empat jam setelahnya, tapi ini tidak," bebernya.

Kejanggalan lain adalah tubuh korban dipastikan hancur jika berada di pintu kanal. Sebab, sampah di pintu itu setiap harinya diangkut ke truk menggunakan mesin.

"Pasti bagian kepala dan tubuhnya hancur karena kita lihat mesin pengangkut sampah ke mobil itu giginya tajam. Tapi ini tubuhnya masih utuh, hanya luka-luka dan ada robek di bagian perut," ucapnya.

Saat ditemui di rumahnya pada Senin, 20 Mei 2024, Rahman menceritakan detik-detik Nur Qailah atau Ela dinyatakan hilang. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 17 Mei 2024 menjelang maghrib.

Kata Rahman, sebelum kejadian, korban sedang bermain bersama kakeknya. Tak jauh dari rumah mereka di Jembatan Merah, Kecamatan Mamajang.

"Karena kan ada juga rumah neneknya (dari mama), di sebelah jembatan yang pinggir kanal. Dia sering kesana. Pas kejadian, dia lagi main sama kakek satunya," sebutnya.

"Nah, saat maghrib kakeknya ke sini sambil bawa sepedanya. Dia cari, mana Qailah. Jadi kita bilang tadi kan ikut kamu, dia bilang tidak ada. Dari situ kita langsung cari ramai-ramai karena sudah hilang," lanjutnya.

Hingga larut malam, hasil pencarian nihil. Warga sekitar pun menduga korban disembunyikan setan di pohon mangga.

"Sampai besok siangnya kami masih mencari dan tidak membuahkan hasil," kata Rahman.

Akhirnya sekitar pukul 17.00, keluarga mendapat telepon dari Bhabinkamtibmas setempat. Mereka dikabarkan jika mayat Nur Qailah sudah ditemukan di TPA Antang.

"Tentu syok. Bagaimana bisa sampai ke Antang cucu saya," ucapnya.

Pihak keluarga berharap polisi bisa mengusut kasus meninggalnya Nur Qailah. Mereka juga masih menunggu hasil autopsi dari RS Bhayangkara Makassar yang belum keluar.

"Hasil autopsi keluar mungkin hari Rabu atau Kamis. Kami minta tolong untuk dibantu mengungkap kasus ini karena ini jadi tanda tanya besar bagi kami keluarga," harapnya.

Salah satu warga sekitar, Calla, juga mengatakan masih sempat melihat korban sebelum hilang.

"Dia datang beli buah sama mamanya. Pas sore, sudah ribut kalau hilang," jelasnya.

Kata Calla, mereka tidak menduga sama sekali jika korban terjatuh ke kanal. Pemadam kebakaran bahkan sempat ke lokasi setelah mendapat informasi korban hilang.

"Tapi sama dengan kami, tidak ada muncul di pikiran kalau korban ini jatuh ke kanal. Makanya kami heran dengar kabarnya. Kalau jatuh sendiri itu sangat tidak mungkin, kecuali kalau dibuang," jelasnya.

Kasatreskrim Polrestabes Makassar Kompol Devi Sujana mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan soal kasus ini. Namun dugaan awal korban terbawa oleh truk pengangkat sampah ke TPA.

Sumber: suara
Foto: Rahman memperlihatkan foto jasad cucunya, Nur Qailah saat ditemukan di TPA Antang, kota Makassar, Sulsel [SuaraSulsel.id/Lorensia Clara Tambing]
Keluarga Menduga Nur Qaila Dibunuh dan Dibuang ke Truk Sampah Keluarga Menduga Nur Qaila Dibunuh dan Dibuang ke Truk Sampah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar