Breaking News

Peringati Hari Buruh Nasional, Ribuan Buruh Akan Gelar Demo di Patung Kuda Jakarta Tuntut Cluster Ketenagakerjaan Dicabut


Memeringati hari buruh nasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, puluhan ribu buruh dari berbagai daerah akan gelar aksi demo di kawasan Jabodetabek.

Diketahui jika aksi demo para serikat buruh tersebut akan dipusatkan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut diketahui bahwa ada beberapa tuntutan dari para buruh tersebut diantaranya mencabut cluster ketenagakerjaan di omnibuslaw.

Tidak hanya para buruh yang ikut dalam aksi demo itu juga menurut untuk menghapus upah murah, menolak outsourcing seumur hidup dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Hal itu dikonfimasi langsung oleh Andi Ghani Nena Wea sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Jakarta pada 1 Mei 2024.

Dalam kesempatannya Andi Ghani menjelaskan bahwa benar pada hari ini akan ada aksi demo besar dan damai dengan partisipan kurang lebih 50 ribu.

Andi Ghani juga mengatakan bahwa timnya saat ini sudah mendata akan ada partisipan dari buruh yang akan datang 50 ribu pekerja.

Lebih lanjut ia bahakan yakin jika aksi demo ini akan menjadi salah satu aksi terbesar sebab ia memperkirakan masa akan memadati dari daerah Sarinah sampai Patung Kuda.

"1 Mei akan ada aksi besar dan damai, ini aksi besar dengan angka partisipan mencapai 50 ribu."

"Akan memenuhi Sarinah sampai Patung Kuda karena sangking besarnya masa," kata Andi Ghani, dilansir kilat.com dari kanal youtube kompastv pada 1 Mei 2024.

Lanjutnya Andi Ghani menerangkan bahwa masa yang akan memadati kebanyakan berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Bandung raya.

Oleh karena itu untuk mengurangi kemacetan masyarakat dihimbau untuk tidak melawati area yang akan diselenggarakan aksi damai tersebut.

Kabid humas Polda Metro Jaya lewat Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan bahwa dalam pengamanan perayaaan hari buruh tersebut.

Pihaknya menurunkan kurang lebih 3,454 personil kepolisian gabungan yang siap mengkawal aksi damai untuk memperingati hari buruh tersebut.

"Juga pengamanan kegiatan perayaaan hari buruh, ada 3,454 personil gabungan yang akan siap mengkawal aksi damai," kata Kombes Ade Ary. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ilustrasi - buruh gelar demo di Jakarta. (Freepik)
Peringati Hari Buruh Nasional, Ribuan Buruh Akan Gelar Demo di Patung Kuda Jakarta Tuntut Cluster Ketenagakerjaan Dicabut Peringati Hari Buruh Nasional, Ribuan Buruh Akan Gelar Demo di Patung Kuda Jakarta Tuntut Cluster Ketenagakerjaan Dicabut Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar