Breaking News

Purnawirawan Jenderal Polri Bintang 4 Inisial B Diduga Bekingi Korupsi Nikel di Sulawesi, Said Didu: Harus Dibongkar!


Di tengah mencuatnya isu penguntitan yang dilakukan tim Densus 88 pada Jampidsus muncul dugaan ada pengaruh dari purnawirawan Polri Jenderal Bintang 4 berinisial B.

Diduga purnawirawan polisi jenderal bintang 4 ini menjadi bekingan di kasus korupsi timah sekaligus korupsi nikel di Sulawesi.

Adapun dugaan tersebut disampaikan oleh mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu dalam sebuah tulisan singkat di media sosial.

Menurut Said Didu, sosok yang membekingi korupsi timah dan korupsi nikel di Sulawesi adalah orang sama.

“Beking koruptor timah sama dengan beking tambang Nikel di Sulawesi #kode.,” tulisnya, dikutip Kilat.com dari Twitter @msaid_didu pada Kamis, 30 Mei 2024.

Oleh karena itu, Muhammad Said Didu meminta kepada pihak yang berwenang untuk segera membongkar kasus tersebut.

Lebih lanjut, pegiat media sosial ini mengatakan bahwa masyarakat sudah tahu siapa purnawirawan polisi yang menjadi bekingan korupsi tambang.

“Publik paham siapa inisial ‘B’ tersebut.,” ungkapnya menanggapi berita soal isu penguntitan terhadap Jampidsus oleh Densus 88.

Menurutnya, Jenderal Bintang 4 inisial B ini sudah lama mengatur bisnis pertambangan seperti nikel dan timah.

Sementara itu dalam kasus korupsi nikel di Sulawesi ternyata sudah ada satu orang yang ditangkap dan menjadi tersangka.

Sosok tersebut adalah mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin yang divonis 3,5 tahun penjara.

Adapun Ridwan Djamaluddin terlibat kasus korupsi pertambangan biji nikel di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Hakim Ketua Fahzal Hendri membacakan putusan majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada Kamis, 24 April 2024.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ridwan Djamaluddin dengan pidana penjara selama tiga tahun dan enam bulan," katanya, dikutip dari Antara News.

Diketahui akibat tindakan korupsi nikel di Blok Mandiodo merugikan negara dengan nominal mencapai Rp2,3 triliun. (*)

Sumber: kilat
Foto: Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu/Net
Purnawirawan Jenderal Polri Bintang 4 Inisial B Diduga Bekingi Korupsi Nikel di Sulawesi, Said Didu: Harus Dibongkar! Purnawirawan Jenderal Polri Bintang 4 Inisial B Diduga Bekingi Korupsi Nikel di Sulawesi, Said Didu: Harus Dibongkar! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar