Breaking News

Siap Dukung Anies jika Maju Pilkada Jakarta Lagi, Golkar Rela Zaki Dipasangkan Jadi Cawagub


Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta, Basri Baco, angkat bicara soal Anies Baswedan yang mengaku sedang mempertimbangkan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Ia mengaku tak mempersoalkannya lantaran hal itu merupakan hak politik Anies.

Meskipun Anies sempat menjadi Calon Presiden (Capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu, Baco tak mempersoalkannya selama eks Gubernur DKI itu tak melanggar aturan.

"Iya kan hak demokrasi orang, baik-baik saja dan wajar-wajar saja, nggak boleh dihambat," ujar Baco saar dikonfirmasi, Selasa (21/5/2024).

Baco menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan akan mendukung Anies untuk maju dalam Pilkada DKI. Bahkan, partai berlambang pohon beringin ini bersedia menyodorkan Ketua DPD Golkar DKI sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendamping Anies.

Namun, terkait nama yang akan diusung nantinya, Baco menyebut keputusannya berada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar. Termasuk juga nanti akan menjadi pembahasan dari koalisi partai yang terbentuk.

"Kalau dari DPP-nya setuju ya boleh-boleh saja, kita sih senang-senang saja selama DPP Golkar menyetujui. Prinsipnya kami juga ingin menang," jelasnya.

Ia pun menyatakan Golkar DKI siap mengikuti keputusan DPP Golkar, termasuk jika nantinya menurunkan target Zaki dari Cagub menjadi Cawagub.

"Yah nggak ada masalah, karena Ketua Zaki ini siap jadi Gubernur, siap jadi Wakil Gubernur. Terserah pimpinan di pusat saja bagaimana, intinya kami siapkan infrastruktur di bawah lah," pungkasnya.

Peluang Anies

Sebelumnya, Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap kansnya kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Ia mengaku saat ini sedang mempertimbangkannya dengan serius.

Hal ini disampaikannya saat melakukan halal bihalal dengan warga yang tergabung dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di Kampung Marlina, Muara Baru, Jakarta Utara, Minggu (19/5/2024). Dalam kesempatan itu, JRMK juga sudah menyatakan siap mendukung Anies merebut kembali kursi Jakarta 1.

Anies bahkan mengaku sudah mendapatkan undangan dari sejumlah partai politik (parpol) untuk maju Pilkada DKI.

"Saya ngomong nih sama Bapak Ibu, memang saya mendapatkan undangan dari partai-partai politik ditawarkan diminta untuk dicalonkan menjadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan apakah kembali atau tidak, jadi sedang mempertimbangkan," ujar Anies.

Mendengar ucapan Anies, warga langsung berteriak menyatakan dukungan dan meminta Anies maju lagi dalam Pilkada.

"Saya lagi nimbang nih serius nimbang, kembali apa nggak ya? kembali apa nggak?" tanya Anies.

"Kembali pak. Kita masih butuh pak Anies," jawab warga.

"Ya, jadi baiknya gimana nih?" timpal Anies.

Ia pun mengaku akan berpikir keras dan melakukan istikarah untuk mempertimbangkan maju kembali dalam Pilkada DKI atau tidak. Apalagi, kali ini JRMK telah menyampaikan dukungannya.

"Yang jelas kalau masyarakat seperti tadi jaringan rakyat miskin kota menyampaikan aspirasi ini saya akan amat amat amat serius mempertimbangkannya. bismillah kita tunggu waktunya dan saya kepengen pada semua sampaikan," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan. [X @aniesbaswedan]
Siap Dukung Anies jika Maju Pilkada Jakarta Lagi, Golkar Rela Zaki Dipasangkan Jadi Cawagub Siap Dukung Anies jika Maju Pilkada Jakarta Lagi, Golkar Rela Zaki Dipasangkan Jadi Cawagub Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar