Breaking News

Anton Charliyan, Eks Kapolda Jabar yang Siap Tanggung Jawab Kasus Vina Cirebon


Nama Anton Charliyan menuai sorotan, purnawirawan polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jabar ini mengaku siap bertanggung jawab soal kasus Vina Cirebon.

Anton Charliyan sempat mengutarakan dirinya siap bertanggung jawab soal kasus yang kembali viral pasca jadi film tersebut.

Lewat YouTube tvOne News, Anton mengatakan dirinya siap bertanggung jawab akan kasus yang belum terselesaikan sampai delapan tahun belakangan.

“Apabila pada saat itu pun juga saya harus bertanggung jawab sekalipun saya pensiun saya siap untuk bertanggung jawab. Karena tidak ada anak buah yang salah, yang salah adalah pimpinannya.” ungkapnya.

Siapa sebenarnya sosok Anton Charliyan? Simak selengkapnya di bawah ini rekam jejak dan profilnya.

Anton merupakan pria yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 29 November 1960. Kini sosoknya telah menginjak usia 64 tahun.

Pasca lulus sekolah menengah, Anton melanjutkan pendidikan ke Akademi Kepolisian. Anton menyelesaikannya pada tahun 1984.

Anton pun kemudian bertugas sebagai penyidik di lingkungan reserse Polri. Ia pun ternyata turut menyelesaikan kasus Marsinah di tahun 2000.

Setelahnya, Anton diberi amanah jadi Kapolres Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2002.

Gegara pengalaman di reserse, Anton akhirnya bertugas ke Polda Metro Jaya dan bongkar kasus pembunuhan aktivis Munir.

Anton pun kemudian menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kemudian jadi Kanit III Direktorat I Keamanan dan Kejahatan Trasnasional Bareskrim Polri pada tahun 2003.

Pada 2008 dirinya kemudian jadi Kapolwil Priangan Polda Jawa Barat lalu setahun kemudian ditugaskan jadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah.

Di tahun 2012, Anton menjadi Kepala Biro Pendidikan Pembinaan dan Pelatihan Lembaga Pendidikan Polri.

Tiga tahun kemudian, ia jadi Kepala Divisi Humas Polri pada tahun 2015 lalu jadi Kapolda Sulsel dan 9 bulan kemudian mendapat mandat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Anton makin terkenal pasca perseteruan antara ormas Front Pembela Islam (FPI) dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dimana ia menjadi Ketua Dewan GMBI.

Itu tadi profil serta rekam jejak Anton Charliyan sosok yang pernah usut kasus Marsinah, Munir dan jadi Kapolda Jabar saat kasus Vina Cirebon terjadi.(*)

Sumber: kilat
Foto: Anton Charliyan, eks Kapolda Jabar (Instagram @antoncharliyan)
Anton Charliyan, Eks Kapolda Jabar yang Siap Tanggung Jawab Kasus Vina Cirebon Anton Charliyan, Eks Kapolda Jabar yang Siap Tanggung Jawab Kasus Vina Cirebon Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar