Breaking News

Bicara soal Kerugian, Pengamat Sebut Tawaran Cawagub Jakarta ke PKS Agar Tidak Mendukung Anies


Anies Baswedan disebut bakal rugi jika nantinya Partai Keadilan Sejahterah (PKS) menerima tawaran dari Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto, soal posisi cawagub untuk Pilkada Jakarta 2024.

Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan pemilih PKS dan Anies sangat beririsan. Kebanyakan pemilih PKS juga memilih Anies dan begitu juga sebaliknya.

Karena itu, jika tawaran diterima, akan terjadi keributan dan memecah pendukung Anies dengan PKS yang selama ini selalu melekat.

"Jika betul tawaran ini dilakukan tentu sebagai upaya untuk merayu PKS supaya tidak mendukung Anies Baswedan, karena selama ini memang Anies dan PKS itu sangat identik gitu ya," ujar Adi saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Anies Baswedan Diminta DPR Ikut Rapat Bahas Biaya Kuliah Mahal

Anies yang saat ini sudah didukung oleh PKB DKI Jakarta ini disebut bakal kehilangan suara besar apabila maju tanpa PKS. PKS selama ini merupakan partai yang sangat dekat dengan Anies.

"Oleh karena itu kalau misalnya PKS tidak mendukung Anies, tidak mengusung Anies, tentu dalam banyak hal itu sangat merugikan bagi Anies Baswedan," katanya.

Tak hanya pemilih, Anies juga akan kehilangan PKS secara mesin partai yang selama ini sudah loyal kepadanya dalam beberapa kontestasi politik terakhir.

"Termasuk juga akan kehilangan partai yang cukup Solid, cukup loyal memperjuangkan dan mengkampanyekan Anis sepanjang Pemilu 2024 dan Pilkada 2017 yang lalu," katanya.

Kendati demikian, Adi menilai tawaran kursi Cawagub ini memang masih simpang siur. Sebab, kubu KIM sudah membantah telah memberikan penawaran itu.

Baca Juga: Niatan Maju Pilkada Jakarta Terbongkar, Ridwan Kamil Gak Nyangka Anies Mau Nyagub Lagi usai Kalah Pilpres

"Dan bahkan cenderung menjadi isu liar ya, sebenarnya sulit untuk divalidasi gitu ya," pungkasnya.

Pernyataan PKS

Sebelumnya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS belum juga menetapkan Anies Baswedan sebagai Calon Gubernur (Cagub) untuk Pilkada DKI Jakarta. Padahal, DPW PKS sudah mengajukan nama Anies ke DPP PKS.

Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri mengatakan, pihaknya belum mengambil keputusan bukan karena mendapatkan tawaran posisi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). PKS disebutnya masih mempertimbangkan sejumlah hal dengan partai calon koalisi di Jakarta.

"Oh, enggak begitu. Kan semua berjalan paralel rapatnya. Tetapi untuk DKI, kita kan masih berkomunikasi dengan partai-partai calon koalisi kita. Itu yang masih belum selesai," ujar Ahmad di kantor DPP PKS, Rabu (19/6/2024).

Ahmad mengatakan, penentuan kandidat yang akan diusung dalam Pilkada DKI tak bisa dengan cepat diputuskan. Apalagi untuk DKI Jakarta yang memiliki kekhususan tersendiri.

"DKI ini, biasanya kayak makan bubur panas, dari pinggir dulu, Pak. Indonesia timur, ujung-ujung, itu kita sudah putuskan. Tapi yang tengah, itu nanti belakangan biasanya. Karena jagoan biasanya datang belakangan," kata Ahmad.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan SAAT mendatangi kantor DPP PKS di Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2024). (ist)
Bicara soal Kerugian, Pengamat Sebut Tawaran Cawagub Jakarta ke PKS Agar Tidak Mendukung Anies Bicara soal Kerugian, Pengamat Sebut Tawaran Cawagub Jakarta ke PKS Agar Tidak Mendukung Anies Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar