Breaking News

DEPARPOLISASI


Suatu bangsa yang besar tentu sangat tidak mungkin dilepaskan dari jejak sejarah yang mengirinya sampai pada puncak kearifannya. Termasuk sejarah kekuasaan itu sendiri. Di masa lalu power terpusat pada  pada satu orang dan inilah yang kemudian disindir oleh Francis Fukuyama, sosok seperti ini disebutnya sebagai the first man. Dalam filsafat Neo-liberal ala Fukuyama sosok the first man harus diakhiri. Itu sebabnya karya Fukuyama menyebutkan The Last Man sebagai metafor untuk mengakhiri terpusatnya kekuasaan pada satu tangan. Kemudian kekuasaan itu ditransformasikan kedalam bentuk-bentuk institusi spesifik seperti partai politik sebagai institusi demokrasi.

Sebagai institusi demokrasi, maka partai politik dilahirkan untuk menjaga marwah kehidupan kebangsaan dan menjaga politik kewargaan (civilition of political). Sebab logika politik memberi isyarat yang memungkinkan demokrasi tumbuh dengan baik apabila instrument demokrasi ada dan berjuang demi kepentingan rakyat. Ruang politik tak cukup dengan mekanisme atau undang-undang termasuk undang –undang politik tetapi yang terpenting harus ada institusi yang mengagregasi kepentingan publik. Yaitu keberadaan Partai Politik sebagai pelakon bergeraknya demokrasi dalam sebuah negara. 

Dalam sejarah kepartaian diera Orde Lama tentu sangat berbeda dengan frame di Orde Baru. Kebekuan di kedua  orde tersebut begitu nyata. Demokrasi terkungkung karena power politik yang dominan disatu orang. Dalam teori politik modern inilah yang disebut dengan despotisme politik yang berarti ketika kekuasaan ditangan satu orang. Orde baru, pada fase tertentu telah menahan nafas berdemokrasi dengan cara melahirkan single mayority di tubuh partai politik, bisa di bilang Golongan Karya (Golkar) saat itu sebagai simbol kekuasaan. Distribusi kekuasaan (distribution of power) pun kian massif. PPP dan PDI hanya sebatas pelengkap biar dibilang demokrasi walau realitasnya otoritarian. Sehingga bisa disebut demokrasi seolah-olah. 

Fenomena tawar menawar dalam melahirkan pemimpin dalam konteks Pemilu termasuk Pilkada adalah bagian dari terbukanya politik transaksional. Mungkin ini  adalah jawaban terhadap pernyataan sebagian kita bahwa demokrasi itu mahal. Kenapa? Sebab dalam setiap event politik baik dilevel lokal maupun nasional gejala perusakan demokrasi kian massif dan nampak. Korupsi, proses penjaringan dalam kontekstasi politik cendrung diwarnai tawar-menawar politik yang berujung pada “mahar politik” yang demikian besar. Tak mengherankan kalau kemudian sebagian partai politik tak lagi mampu menjaga etika dalam mengemban amanah kepartaian. Pragmatisme kian muncul diera demokrasi yang serba terbuka ini, apakah ini kemudian menjadi asumsi bahwa demokrasi yang tak gratis., atau pameo “tidak ada makan siang yang gratis” semua harus perbayar. 

Fenomena mahar politik ataupun sejenisnya seperti money politic bukan hal baru dalam perjalanan demokrasi bangsa ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap kandidat atau calon kepala daerah baik kader internal parpol maupun non kader yang potensial harus membayar sejumlah uang atau mahar untuk mendapatkan tumpangan "kendaraan" dalam tahapan pemilukada. Sehingga tidak heran kalau kemudian, tidak sedikit kader partai terpental jauh karena tidak memiliki cukup uang untuk membeli partai politik. Dan disatu sisi partai politik pun kian tak percaya diri sehingga dengan alasan demokrasi dan elektabilitas, maka sebagian partai politik terjebak pada “pelacuran” dengan melamar non kader dengan mahar yang cukup besar. Dengan mengabaikan etika politik partai. Dengan anggapan  yang penting dapat kursi.

Realitas ini bukan saja dalam hal pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden, pada pemilihan legislatif pun hal serupa sering terjadi. Tak sedikit calon legislatif kita harus menjual harta benda dan merogoh kocek demi nomor urut teratas. Yah inilah wajah politik kita. Politik busuk. Politik yang diwarnai dengan uang. Budaya politik transaksional telah merobek demokrasi baik itu secara struktural maupun kultural. Sebab masyarakat pemilih pun di giring kearah untuk merusak tatanan demokrasi. Demokrasi robek dengan perilaku politisi yang brutal demi pencapaian tujuan dengan berbagai cara. Pengrusakan demokrasi bukan karena mereka tidak paham demokrasi, tetapi lebih pada pelanggaran kode etik dalam politik yang menghalalkan segala macam cara. Pendidikan politik pun nyaris tak bergerak sebab partai politik semakin tidak percaya diri. 

Undang-Undang Parpol yang memberikan kewenangan kepada parpol untuk merekrut calon kepala daerah dan wakil kepala daerah serta calon anggota legislatif seakan melegitimasi "politik uang" atau "mahar politik" itu. Kalimat merekrut bukan berarti bahwa partai  politik melegalkan praktek “mahar politik” tetapi dengan mekanisme partai yang ada tentu perkara merekrut harus disesuaikan dengan etika dan undang-undang yang ada. Etika politik, tentu bicara soal wajar atau tidak wajarnya seseorang kandidat kepala daerah untuk di promosikan sebagai calon kepala daerah atau tidak, jangan karena lantaran banyak uang lalu partai politik “tergiur” untuk melamarnya dengan alasan mumpung punya duit banyak. Pragmatisme sulit terhindarkan kalau kondisi parpol masih terjebak pada budaya politik transakisonal. Karakteristik ini adalah cendrung melakukan perusakan demokrasi. 

Ketidakpercayaan rakyat terhadap partai politik adalah efek dari merebaknya wabah korupsi di tubuh partai politik belum lagi dengan “saling membeli” kandidat diluar partai politik untuk pencalonan dalam kontekstasi Pilkada dengan mahar yang cukup fantastis, belum lagi dengan kejahatan politik parlemen yang melahirkan MD3 yang cendrung mengkerangkeng hak-hak publik, dengan memasang pagar yang disebut hak imunitas (kekebalan hukum) bagi anggota DPR. Sebuah fenomena politik yang mencemaskan demokrasi.  Dan konstitusi telah memberi jaminan politik dan kedaulatan kepada rakyat, bukan pada sekelompok orang yang melegacy dirinya diatas tahta dan panggung kekuasaan. Dan ini yang disebut dengan kecerobohan berpolitik. Adakah yang kebal dalam hukum? ini lagi-lagi soal siapa yang berkuasa. 

Sebab dibanyak kasus politik yang ada, posisi partai politik tidak dalam posisi ditawar tetapi parpol lebih menawarkan diri. Penggalan kalimat ini sesungguhnya telah mencederai nilai demokrasi dan esensi partai politik sebagai alat perjuangan rakyat. Sepertinya partai politik ingin menjadi dominasi dalam praktek kekuasaan sehingga dengan ujug-ujug terlalu berani melempar handuk hanya untuk memperoleh kekuasaan. Inilah yang kemudian pada perkembangan sejarah dan dominasi yang dikritik oleh Michel Foucault tentang kekuasaan. Yah, kekuasaan disana tentu ada partai politik. perebutan kekuasaan di event Pemilu terlihat secara jelas pragmatisme partai politik, ada yang tiba-tiba jadi caleg tetapi tidak pernah terlibat dalam proses pengkaderan di Partai Politik tertentu. Kenapa demikian ? sebab partai politik sudah tidak percaya diri dan tidak tahu diri. Anggapan yang penting menang dan dapat kursi semakin menjauhkan ideology partai sampai ketengah masyarakat. 

Akibatnya, proses politik hanya sekedar mencoblos gambar bukan pada komitment ideologi dari konstituennya. Yah, bisa dibilang demokrasi pasar malam. Edukasi politik hanya mungkin terjadi bila transformasi ideologi perjuangan partai politik sampai ketengah masyarakat, sebab proses berpolitik tak sekadar menghitung jumlah suara yang ada, tetapi proses berpolitik lebih pada penguatan ideologi dan prinsip dasar manusia atas pilihannya, itulah yang disebut (relasi pengetahuan dengan kekuasaan, menurut Michel Foucault). Relasi-relasi ini nyaris tidak terbangun sebab agency-agency politik seringkali berpindah-pindah, dimana ulama tampil ssebagai politisi, politisi tampil sebagai ulama, ilmuwan tampil sebagai politisi, politisi tampil sebagai ilmuwan, begitu seterusnya. Perpindahan agency politik sangat disebabkan oleh partai politik yang tidak komitment terhadap agenda-agenda perjuangan. 

Sehingga dengan demikian, publik dalam hal ini memandang partai politik tak lagi menarik terjadi dsitrut (ketidakpercayaan). Dan bagaimana mungkin parati politik mengagung-agungkan demokrasi kalau pada akhirnya ia kehilangan kepercayaan dari pemilihnya. Karena itu, partai politik kedepan perlu berbenah diri, termasuk proses kekaderan itu perlu dibangun untuk menciptakan kader yang mumpuni yang siap didorong dalam berbagai event politik yang berlangsung, yang tidak lagi selalu lompat pagar dan memilih halaman orang lain. 

Pada titik akhirnya deparpolisasi itu muncul ada tiga asumsi dasar ‘ (1) tingginya mahar politik bagi setiap kandidat untuk mendapatkan dukungan dari partai politik, sehingga jalur independen menjadi solusi. (2) lemahnya proses kaderisasi di tubuh partai politik, sehingga partai politik berkecendrungan meminang calon lain diluar dari partai politik dengan mempertimbangkan aspek logistik politik. (3) lemahnya kepercayaan publik terhadap partai politik yang seringakli mengalami inkonsistensi dalam menentukan kandidat dalam setiap event politik yang ada. 

Karena itudemokrasi yang baik ketika demokrasi itu mendapatkan trust (kepercayaan) dari publik. Karena politik tak sebatas merebut kekuasaan tetapi bagaimana merebut kepercayaan. Democracy is only space, an elegant political process will determine it (Demokrasi hanya ruang, proses politik yang eleganlah yang menentukan)

Oleh: Saifuddin
Direktur Eksekutif LKiS
Penulis Buku; Politik Tanpa Identitas, Obituari Demokrasi, Elegi Demokrasi, Catatan Cacat-an Demokrasi
______________________________________
Disclaimer: Rubrik Kolom adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan oposisicerdas.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi oposisicerdas.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.
DEPARPOLISASI DEPARPOLISASI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar