Breaking News

HOAKS! Isu Kemenkes Diduga Ancam Dokter yang Kritik Menteri Budi Gunadi dalam Webinar


Hoaks mengenai isu Kementerian Kesehatan menandai dokter peserta webinar yang mengkritik Menkes Budi Gunadi Sadikin belakangan ramai dibicarakan.

Isu tersebut dibuat oleh akun X @/MurtadhaOne1. Akun tersebut melampirkan sebuah foto tangkapan layar yang diklaim merupakan kolom komentar sebuah webinar. Namun webinar dalam screenshot tersebut tak bisa dipastikan kebenarannya.

Dalam tangkapan layar itu tampak beberapa chat peserta yang diduga para dokter mengkritisi penyataan Budi Gunawan terkait pernyataan soal stetoskop tidak ilmiah untuk deteksi penyakit.

"Daerah-daerah terpencil sangat berguna stetoskop, kecuali Anda mampu menyediakn alat hingga kemampuan echocaediography (USG Jantung), di daerah FKTP 1dan semua RS Tipe C di daerah juga bisa pakai meski dokter terpencil," ungkap seorang dokter dalam forum webinar. 

"Seyogyanya Menkes konfirmasi ke IDI jangan asal ngomong kayak gitu," imbuh dokter lain.

Klarifikasi Kemenkes

Kemenkes pun buka suara perihal isu tersebut. Juru Bicara (Jubir) Kemenkes, dr. Mohammad Syahril menyatakan dugaan itu sebagai hoaks.

"Hoax," ungkap dr. Syahril saat dihubungi suara.com, Senin (17/6/2024).

Senada dengan dokter Syahril, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia, juga menyatakan isu webinar itu adalah hoaks. 

"Nggak benar (Menkes Budi ancam dokter), kita sedang rilis untuk dicap hoaks," pesan dr. Nadia di waktu yang sama kepada suara.com.

"Sangat bukan (Menkes Budi sampai ancam dokter), itu permainan buzzer aja," sambung dr. Syahril.

Sumber: suara
Foto: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Suara.com/Dea)
HOAKS! Isu Kemenkes Diduga Ancam Dokter yang Kritik Menteri Budi Gunadi dalam Webinar HOAKS! Isu Kemenkes Diduga Ancam Dokter yang Kritik Menteri Budi Gunadi dalam Webinar Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar