Breaking News

Ivan Gunawan Punya Siasat agar Tak Bermasalah dengan Bea Cukai saat Liburan ke Luar Negeri


Ketatnya aturan Bea Cukai soal barang bawaan dari luar negeri membuat sejumlah orang mulai merubah kebiasaan saat melancong ke negara orang. Salah satunya seperti Ivan Gunawan, yang kini memilih menghabiskan waktu di pasar yang menjual produk-produk lokal saat liburan ke luar negeri.

Cerita terbaru datang dari kunjungan Ivan Gunawan ke Thailand baru-baru ini. Desainer ternama yang akrab disapa Igun ini membawa pulang tas berbentuk setir mobil buatan warga lokal dari Pasar Chatuchak, Bangkok.

"Aku kemarin kan ke Bangkok, ke Pasar Chatuchak. Di sana, aku nemu tas bentuknya setir mobil, lucu banget. Enggak mahal, cuma Rp500 ribu kalau enggak salah," kata Ivan Gunawan ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Senin (3/6/2024).

Ivan Gunawan malas berkutat menghadapi pengecekan barang bawaan yang cukup ketat oleh pegawai Bea Cukai di bandara. Kalau memang butuh menambah koleksi baju branded, Igun memilih membelinya di Indonesia saja.

"Lagi males beli yang branded. Kalau beli barang branded di luar, masuknya ke sini ribet. Pakai dibuka-bukain di bandara, ribet," ujar Ivan Gunawan.

"Aku paling senang kalau sudah sampai Jakarta, tinggal lewat aja gitu. Enggak usah yang kopernya pakai acara dibuka-buka. Jadi kalau memang mau belanja yang branded, di Indonesia saja," imbuh lelaki 42 tahun ini.

Ivan Gunawan juga bukan tipe orang yang mengharuskan diri memakai baju branded dalam setiap kegiatan. Kalau memang ada produk lokal yang menurutnya berkualitas, Igun tak malu untuk mengenakannya.

"Aku kalau berpakaian kan enggak harus selalu branded. Aku mau pakai tas yang puluhan juta sama yang ratusan juta, bentuknya sama, tetap Ivan Gunawan, enggak berubah juga. Jadi ya udah, mau ngapain lagi?," tutur Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan turut melihat sisi positif dari ketatnya aturan barang bawaan bagi penumpang yang baru pulang dari luar negeri. Ia jadi punya waktu mengumpulkan produk fashion unik dari berbagai negara.

"Aku kan orangnya juga aneh, jadi akhirnya aku beli sesuatu yang aneh. Aku juga punya satu tas yang bentuknya topi. Jadi tas selempang, tapi bentuknya topi. Itu juga enggak branded," ucap Ivan Gunawan.

Sumber: suara
Foto: Ivan Gunawan. (Instagram/ ivan_gunawan)
Ivan Gunawan Punya Siasat agar Tak Bermasalah dengan Bea Cukai saat Liburan ke Luar Negeri Ivan Gunawan Punya Siasat agar Tak Bermasalah dengan Bea Cukai saat Liburan ke Luar Negeri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar