Breaking News

Jadi Idola, Sederet Parpol Rebutan Mau Usung Anies Baswedan Buat Maju Pilkada Jakarta


Langkah Anies Baswedan untuk kembali 'naik takhta' sebagai Gubernur DKI Jakarta kini semakin mulus.

Pasalnya, sederet partai politik atau parpol besar mulai ramai-ramai gencar mendukung Anies untuk maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta yang pelaksanaannya tinggal menunggu beberapa bulan.

Anies kini mulai menyambangi para partai yang telah mempertimbangkan untuk mendukungnya di kontestasi politik bergengsi tersebut.

Lantas, siapa saja parpol pendukung Anies di Pilgub DKI Jakarta 2024?

PKS masih pertimbangkan Anies: Tak sungkan jika harus berkoalisi dengan PDIP

Ketua DPW Partai PKS Jakarta, Khoirudin kepada wartawan, Kamis (23/5/2024) mengaku pihaknya telah melirik Anies sebagai potensi kuat Calon Gubernur DKI Jakarta.

Kendati demikian, Khoirudin menegaskan bahwa pihaknya masih harus menggodok keputusan tersebut ke pusat sebelum memutuskan untuk mendukung Anies.

PKS juga kini dilanda dilema lantaran PDI Perjuangan (PDIP) yang menjadi 'rival' PKS juga turut mengusung Anies Baswedan.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) memberi pendapatnya soal dilema tersebut.

Jazuli tak ambil pusing dan mengaku pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Ia menilai pihaknya tak pernah 'bermusuhan' dengan partai apapun termasuk PDI Perjuangan.

Ia juga mengambil contoh kala Joko Widodo (Jokowi) maju di Pemilihan Wali Kota Surakarta di masa lalu. Adapun kala itu, PKS dan PDIP berkoalisi untuk mengusung Jokowi.

PDIP turut masukan Anies ke daftar calon yang berpotensi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, PDIP juga turut mempertimbangkan Anies untuk diusung ke Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal itu diungkap oleh Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan, Selasa (11/6/2024).

PDIP juga tengah menggodok nama lain yang potensial yakni eks Panglima TNI Andika Perkasa. Lalu, juga ada nama sosok anggota DPRD, Rasyidi dan eks Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi.

NasDem pertimbangkan Anies, tapi prioritaskan kader

Partai NasDem akhirnya mempertimbangkan Anies untuk maju di Pilgub DKI Jakarta untuk 'membalas' kekalasan Anies di Pilpres 2024.

Wacana tersebut diutarakan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Prananda Paloh, Selasa (28/5/2024) lalu.

Namun, Prananda Paloh menegaskan partainya akan memprioritaskan kadernya untuk diusung ke Pilgub DKI Jakarta.

PKB sudah tegas usung Anies: Sampai buat deklarasi

PKB menjadi satu-satunya partai yang detik ini sudah tegas mengusung Anies untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

Bahkan, DPW PKB DKI Jakarta telah menggelar deklarasi mendukung Anies Baswedan, di kantor DPW PKB DKI Jakarta, kawasan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur pada Rabu (12/6/2024).

Merespon deklarasi tersebut, Anies keesokan harinya menyambangi kantor DPW PKB dan disambut oleh Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan di rumahnya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). [Suara.com/Rakha]
Jadi Idola, Sederet Parpol Rebutan Mau Usung Anies Baswedan Buat Maju Pilkada Jakarta Jadi Idola, Sederet Parpol Rebutan Mau Usung Anies Baswedan Buat Maju Pilkada Jakarta Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar