Breaking News

Menkominfo Budi Arie Ternyata Bukan Lulusan IT, Kini Disorot Usai PDN Dibobol Hacker


Sosok Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi belakangan ini menjadi sorotan publik.

Hal itu lantaran Pusat Data Nasional yang berada di bawah Kemenkominfo, berhasil dibobol hacker. Pelaku meminta uang tebusan sebesar USD8 juta atau setara dengan Rp131 miliar.

Serangan terhadap PDN dinilai fatal, sebab server milik negara itu berisi sejumlah data penting pemerintah pusat dan daerah.

Bahkan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen Hinsa Siburian menyatakan, akibat serangan tersebut, data yang tersimpan dalam PDN tidak aman.

"Tadi, saya bilang datanya dienkripsi. Kalau (sampai) dienkripsi ya sebenarnya tidak aman," ujar Hinsa dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Terkait hal itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan, pemerintah bersama BSSN, Cybercrime Polri dan KSO Telkomsigma tengah berupaya mengatasi masalah ini.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengupayakan sistem perindahan data dan memulihkan sistem PDN yang rusak.

"Ini lagi migrasi," kata Budi saat ditemui kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Lantas seperti apakah sosok Budi Arie Setiadi dan apa latar belakang pendidikannya? Simak ulasan berikut ini.

Profil Budi Arie Setiadi

Budi Arie Setiadi merupakan salah satu politikus Indonesia yang kini menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Ia lahir di Jakarta pada 20 April 1969. Jabatan Menkominfo ia pegang sejak 17 Juli 2023 karena menggantikan Johnny G Plate yang tersandung kasus dugaan korupsi pengadaan Menara BTS 4G BAKTI Kemenkominfo.

Sebelum dilantik jadi Menkominfo, Budi merupakan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) sejak 25 Oktober 2019.

Karier politik

Karier politiknya dimulai ketika ia menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Di partai itu ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD PDIP DKI Jakarta periode 1998-2001.

Pada periode 2005-2010, Budi dipercaya untuk memegang jabatan Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan DPD PDIP DKI Jakarta.

Karier politiknya makin menanjak, tatkala ia didapuk menjadi Ketua Umum Projo yang merupakan organisasi relawan pendukung Joko Widodo, pada 2013-2024.

Pernah jadi jurnalis

Selain menjadi politikus, Budi juga seorang jurnalis. Ia merupakan salah satu pendiri Harian Bergerak pada 1998.  

Sebelumnya, ia mengelola mingguan Media Indonesia pada 1994 hingga 1996. Budi juga merintis media mingguan ekonomi Kontan serta menjadi salah satu jurnalisnya pada 1996-2001.

Kemampuan Budi di bidang jurnalistik telah terpupuk sejak di bangku kuliah, ketika ia menjadi redaktur pelaksana medua Suara Mahasiswa UI pada 1992-1993.

Pendidikan Budi Arie Setiadi

Berbicara soal pendidikan, ternyata riwayat pendidikan Budi Arie Setiadi sejalan dengan jabatan yang ia pegang saat ini, yakni Menkominfo.

Ia merupakan lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia tahun 1996.

Budi lalu melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Manajemen Pembangunan Sosial Universitas Indonesia pada 2006.

Sumber: suara
Foto: Menkominfo Budi Arie Setiadi. (ANTARA/Yashinta Difa Pramudyani)
Menkominfo Budi Arie Ternyata Bukan Lulusan IT, Kini Disorot Usai PDN Dibobol Hacker Menkominfo Budi Arie Ternyata Bukan Lulusan IT, Kini Disorot Usai PDN Dibobol Hacker Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar