Breaking News

Obok-obok HP Hasto Kristiyanto yang Disita, KPK Harap Harun Masiku Segera Ditangkap


Dari handphone milik Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto yang disita, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap membuahkan hasil untuk dapat menangkap buronan Harun Masiku (HM) selaku mantan Caleg PDIP.

Tim Jurubicara KPK, Budi Prasetyo mengatakan, tim penyidik akan mendalami alat komunikasi yang disita KPK dari tangan ajudan Hasto, Kusnadi. Yakni 2 unit handphone milik Hasto dan 1 unit handphone milik Kusnadi.

"Penyidik akan mendalami dari penyitaan alat komunikasi tersebut, yang tentu keterangan-keterangan di dalamnya dibutuhkan dalam proses pemeriksaan dalam perkara ini," kata Budi kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

Budi pun meyakini, meskipun Harun sudah buron selama 4 tahun dan berpotensi adanya penghilangan barang bukti dalam pencarian Harun Masiku, tim penyidik akan mengoptimalkan berbagai cara untuk mendapatkan informasi dan keterangan yang dibutuhkan.

"Sehingga pemeriksaan dalam perkara ini ataupun dalam konteks pencarian salah satu DPO dalam perkara ini juga kemudian bisa membuahkan hasil," pungkas Budi.

Pada pemeriksaan Senin kemarin (10/6), tim penyidik melakukan penggeledahan badan terhadap asisten Hasto, Kusnadi. Dari tangan Kusnadi, tim penyidik mengamankan 2 unit handphone, buku catatan agenda milik Hasto. Bahkan, tim penyidik disebut juga menyita 1 unit handphone, dan 2 kartu ATM milik Kusnadi.

Sebelumnya, tim penyidik telah memeriksa orang dekat Hasto, yakni Simeon Petrus selaku Tim Advokasi Pemilu PDIP, dan menantu Simeon bernama Hugo Ganda selaku mahasiswa. Serta seorang mahasiswa lainnya yang merupakan kerabat saksi Hugo bernama Melita De Grave selaku mahasiswa.

Dalam upaya melakukan pencarian terhadap buronan Harun Masiku, KPK sebelumnya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap mantan Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan yang sudah bebas bersyarat sejak 6 Oktober 2023.

Wahyu telah diperiksa KPK pada Jumat, 29 Desember 2023. Saat itu, Wahyu didalami soal informasi keberadaan Harun Masiku. Bahkan, KPK juga sudah menggeledah rumah Wahyu di Banjarnegara, Jawa Tengah pada Selasa, 12 Desember 2023, dalam rangka mencari keberadaan Harun Masiku.

Sumber: rmol
Foto: Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto/RMOL
Obok-obok HP Hasto Kristiyanto yang Disita, KPK Harap Harun Masiku Segera Ditangkap Obok-obok HP Hasto Kristiyanto yang Disita, KPK Harap Harun Masiku Segera Ditangkap Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar