Breaking News

PKS Dan PDIP Disebut Bakal Rebutan Posisi Cawagub Anies, Siapa Paling Tepat?


Pengamat Politik, Adi Prayitno menilai perebutan kursi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendamping Anies Baswedan bakal panas. Dua partai yang paling dekat mengusung Anies, yakni PDIP dan PKS bakal memperebutkannya.

Apalagi, PKS saat ini dikabarkan telah menerima tawaran kursi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jika mendapatkan posisi pendamping Anies, maka PKS kemungkinan besar bakal menolak tawaran KIM.

"Iya pastinya akan terjadi tarik-menarik jika pun PKS mengusung Anies Baswedan, tentu garansinya kader mereka harus jadi pendamping Anies Baswedan, itu tidak bisa dibantah," ujar Adi saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (20/6/2024).

Namun, posisi Cawagub Anies disebut Adi tak mudah diberikan ke PKS begitu saja karena PDIP juga menginginkannya.

"Jadi dalam konteks itulah posisi soal siapa yang menjadi pendamping Anies akan menjadi tarik menarik dan rebutan ya antara PKS mungkin dan PDIP," ujar dia.

Penentuan siapa pasangan Anies, kata Adi, akan menjadi pembahasan alot kedua partai jika ingin berkoalisi. Namun, faktor yang menentukannya adalah elektabilitas.

"Lalu siapa yang akan dipilih? Ya tentu ukurannya soal siapa calon wakil yang dinilai bisa menutupi kekurangan Anies dan bisa menambah elektabilitas Anies ya," kata dia.

Menurutnya, dari sisi elektabilitas PDIP memiliki keuntungan. Sebab, dengan masuknya PDIP maka pemilih Anies akan bertambah dari kalangan nasionalis, bukan hanya agamis.

"Dalam kontes itu maka mungkin PDIP relatif lebih diunggulkan karena Anies ini dianggap memiliki irisan pemilihan yang sama dengan PKS," jelasnya.

Kendati demikian, ada juga faktor penentu kedua, yakni kemampuan menyediakan logistik untuk Pilkada. Sosok yang mampu memenuhi kedua syarat itu yang bakal diunggulkan menjadi pendamping Anies.

"Kira-kira calon pendamping anies ini punya logistik yang relatif bisa memadai ataupun tidak. Variabel ini yang seringkali menjadi kalkulasi," imbuh dia.

Sumber: suara
Foto: Eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan/Net
PKS Dan PDIP Disebut Bakal Rebutan Posisi Cawagub Anies, Siapa Paling Tepat? PKS Dan PDIP Disebut Bakal Rebutan Posisi Cawagub Anies, Siapa Paling Tepat? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar