Breaking News

Reaksi Anies Baswedan Disuruh Cek Khodam saat Live TikTok, Apa Itu Khodam?


Tren game cek khodam kini sedang diminati banyak warganet. Game ini bahkan viral dan menjadi trending topic di X hingga Kamis (20/6/2024). Terbaru, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga ikut ditanyai soal khodam.

Momen ini terjadi saat Anies melakukan live TikTok. Saat sedang asyik melakukan live, Anies tiba-tiba tergelitik dengan satu pertanyaan dari warganet di kolom komentar dan membacakannya.

"Khodam aku apa pak? Hahaha apa ya? Wong saya juga gak tau cek khodam itu apa hahaha," ucap Anies sambil sedikit tertawa.

Menariknya, Anies tak mengabaikan pertanyaan tersebut. Ia malah riset dengan mencair kata kunci khodam di Google.

"Bentar, saya Google sebentar apa ini cek khodam, bentar ya saya Google (cek di pencarian) ya," lanjut Anies.

Tingkah lucu Anies ini menjadi viral di media sosial. Banyak warganet terhibur dengan sikap Anies terhadap pertanyaan soal game cek khodam.

"Capek capek kuliah sampe S3, pernah jadi rektor, pernah jadi dosen, eh disuruh netizen cek khodam," komentar warganet.

"Hari hari Anies dikerjain Gen z," celetuk warganet.

Tren cek khodam ini memang ramai diperbincangkan publik. Konon, setiap orang pasti memiliki khodam. Lalu, apa sebenarnya khodam tersebut? Simak inilah selengkapnya.

Definisi khodam

Istilah khodam baru-baru ini viral di media sosial. Bahkan banyak orang menawarkan jasa cek khodam bagi mereka yang penasaran.

Secara harfiah, kata "khodam" berasal dari bahasa Arab yang berarti pembantu atau penjaga. Istilah khodam juga biasa terdengar dalam tradisi spiritual di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Khodam kerap diartikan sebagai makhluk gaib yang mendampingi manusia.

Konon, khodam bisa diperoleh secara sengaja dengan ritual tertentu. Khodam bisa juga didapatkan tidak sengaja dalam artian berasal dari leluhur kita.

Penganut prinsip ini percaya bahwa khodam memiliki kekuatan supranatural yang dapat menguntungkan pemiliknya. Seperti meningkatkan kepercayaan diri dan wibawa. Kemudian memberikan perlindungan fisik dan spiritual. Ditambah bisa mencapai kesuksesan.

Dalam pandangan lain, khodam diartikan sebagai potensi diri dan dapat dimanfaatkan oleh manusia itu. Kekuatan dari khodam ini juga disebut dapat membantu kita memperbaiki hidup jika kita mengetahui khodam kita.

Namun, pengertian khodam ini kerap disalahartikan. Dalam agama Islam, kepercayaan terhadap khodam bisa diartikan sebagai tindakan yang syirik, atau menduakan Tuhan. Artinya, khodam dianggap haram bagi umat Muslim.

Adapun tren cek khodam yang kini viral adalah game lelucon untuk menghibur warganet. Cara bermain game cek khodam adalah memasukkan nama kita. Kemudian kita menanti aplikasi memunculkan jenis khodam kita. Namun, hasil cek khodam ini sama sekali tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Sumber: suara
Foto: Kolase mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Instagram/aniesbaswedan/unsplash)
Reaksi Anies Baswedan Disuruh Cek Khodam saat Live TikTok, Apa Itu Khodam? Reaksi Anies Baswedan Disuruh Cek Khodam saat Live TikTok, Apa Itu Khodam? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar