Breaking News

Sepak Terjang AKBP Rossa Purbo Bekti Tangkap Buronan, Harun Masiku Target Selanjutnya


Kasatgas Penyidik KPK pemburu buronan AKBP Rossa Purbo Bekti memiliki sederet prestasi menangkap buronan kasus korupsi.

Tak heran saat AKBP Rossa Purbo Bekti menyita ponsel Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, penangkapan Harun Masiku, eks Caleg PDIP ini tinggal menunggu waktu.

Diketahui, Harun Masiku adalah tersangka kasus pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait dengan penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 di KPU RI.

Eks penyidik KPK Yudi Purnomo Harapan meyakini AKBP Rossa Purbo Bekti dapat menangkap Harun Masiku.

Yudi mengatakan, AKBP Rossa Purbo Bekti berpengalaman ikut menangkap DPO kasus korupsi.

Para koruptor yang ditangkap Rossa Purbo Bekti ada Samin Tan, Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto.

Apalagi Rossa juga pernah masuk tim penyelidik dalam operasi tangkap tangan (OTT) suap komisioner KPU yang melibatkan Harun Masiku.

Karena itu, Yudi meyakini penyidik telah melakukan analisis digital forensic terhadap ponsel tersebut. Namun, selesainya kapan? Tentu akan membutuhkan waktu karena tergantung pada isi dari ponsel apakah banyak atau sedikit datanya.

Jika hasil analisis tersebut ada kaitannya dengan pelarian Harun Masiku atau perkara suap anggota KPU, penyidik akan tanyakan kepada pemilik ponsel tersebut.

"Cepat atau lambat tentu Hasto dan Kusnadi akan diperiksa kembali terkait isi ponsel tersebut apakah tentang percakapan, gambar, video, atau rekaman suara dan lainnya," kata Yudi.

Diketahui, perburuan tim penyidik yang dikomandoi AKBP Rossa Purbo Bekti ternyata bikin tim kuasa hukum staf Hasto Kristiyanto, Kusnadi ketar-ketir.

Petrus Salestinus selaku kuasa hukum Staf Hasto Kristiyanto, Kusnadi meminta KPK mengganti AKBP Rossa Purbo Bekti Cs.

Dia dan bawahannya dinilai melakukan penyidikan yang melanggar hukum.

"Ada permintaan untuk mengganti penyidik, karena peristiwa pada 10 Juni itu adalah karena yang menangani kasus ini adalah tim," kata Petrus saat mendampingi pemeriksaan Kusnadi di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu 19 Juni 2024.

"Kalau bicara tim berarti selain Rossa dan Riatno berarti ada penyidik lain," tambah Petrus. (*)

Sumber: kilat
Foto: Harun Masiku/Net
Sepak Terjang AKBP Rossa Purbo Bekti Tangkap Buronan, Harun Masiku Target Selanjutnya Sepak Terjang AKBP Rossa Purbo Bekti Tangkap Buronan, Harun Masiku Target Selanjutnya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar