Breaking News

Skripsi Copas Terbongkar! Naomi Bongkar Modus Plagiat Devi Sri Astuti, Mahasiswi Hukum UM Palembang


Heboh masalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang plagiat skripsi, netizen buktikan modus copy paste yang berantakan.

Devi Sri Astuti mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang jadi sorotan netizen setelah viral di media sosial X.

Berawal dari cuitan Naomi di aplikasi X, yang menyebut skripsi miliknya terbit ditahun 2021 sama persis dengan skripsi milik Devi yang terbit di tahun 2024.

Dalam cuitannya, Naomi menyandingkan dua skripsi dari miliknya serta milik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang diduga plagiat hasil dari tugas akhirnya tersebut.

"Liat deh guys, ternyata sama dia diganti hurufnya pake simbol tertentu makanya (mungkin) lolos turnitin," ungkap Naomi pada akun @wahkerensih.

Demi menghindari plagiat, skripsi plagiat ini dirombak dengan sedemikian rupa agar tidak terdeteksi salinan.

"Ini gw bacanya pusing deh, hasil copy-nya jd berantakan gitu demi menghindari plagiarisme check," imbuhnya.

Tak terima skripsinya diplagiat, Yohana Gracia Naomi berniat menempuh jalur hukum.

Yohana Gracia Naomi mengungkapkan telah mengirimkan somasi terhadap UM Palembang.

"Update. Gue udah kirimkan surat somasi yah guys. Mohon doanya supaya prosesnya lancar. Jika dalam 30 hari @UMPCenter. Universitas Muhammadiyah Palembang tidak mengindahkan somasi ini, gw akan tempuh jalur hukum lanjutan", tulis Yohana Gracia Naomi.

Menanggapi hal tersebut, pihak Universitas Muhammadiyah Palembang atau UM Palembang diketahui telah memberikan press conference yang diunggah di akun Instagram @umpalembang.

Skripsi yang dibimbing oleh Hj. Susiana Kifli, SH., MH ini pun menjadi viral di Twitter atau X.

Bersamaan dengan viralnya kasus plagiat ini, akun Instagram diduga milik Devi Sri Astuti yang memberikan klarifikasi.

"Klarifikasi terkait berita yang beredar bahwa skripsi saya itu bukan plagiat tetapi itu teori tugas akhir skripsi yang berkemungkinan itu ada tapi tidak seluruh karena itu teori dan pembahasan kita berbeda," tulis akun Instagram @_devisriastuti. (*)

Sumber: kilat
Foto: Sosok Devi Sri Astuti, mahasiswi yang viral dituding plagiasi skripsi. (Instagram/ @umpalembang)
Skripsi Copas Terbongkar! Naomi Bongkar Modus Plagiat Devi Sri Astuti, Mahasiswi Hukum UM Palembang Skripsi Copas Terbongkar! Naomi Bongkar Modus Plagiat Devi Sri Astuti, Mahasiswi Hukum UM Palembang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar