Breaking News

Update Kasus Vina Cirebon: Ayah Eky Iptu Rudiana Dilaporkan sampai Diperiksa Propam


Kasus pembunuhan sadis terhdap Vina dan Eky terus menjadi sorotan publik. Meski terjadi 8 tahun lalu tepatnya pada 2016, fakta-fakta tentang kasus ini pun perlahan mulai terkuak, terbaru satu sosok yang disorot yaitu Iptu Rudiana. Ini dia update kasus Vina Cirebon hari ini. 

Seperti yang diketahui, Iptu Rudiana adalah ayah kandung dari Muhammad Rizky atau Eky. Peran dari Iptu Rudiana dalam kasus Vina mendapat perhatian khusus. Ayah mendiang Eky tersebut diduga melakukan abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan sebagai anggota polri. Dugaan ini bermula dari informasi yang diberikan oleh salah satu pengacara diduga terdangka pada kasus Vina Cirebon. 

Update Kasus Vina Cirebon Hari Ini 

Berikut adalah update kasus Vina Cirebon terbaru: 

Iptu Rudiana Diperiksa Propam 

Iptu Rudiana, ayah Muhammad Rizky atau Eky telah diperiksa Propam Mabes Polri terkait proses penyelidikan kasus pembunuhan sadis Vina yang terjadi 8 tahun lalu, pada Minggu (16/6/2024).  

Iptu Rudiana diduga kuat terlibat proses penyelidikan dan merekayasa keterangan terhadap para saksi. Penasihat Ahli Kapolri, Irjen (Purn) Aryanto Sutadi, mengungkapkan kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang terjadi pada Agustus 2016 itu kini mendapat perhatian dari Kapolri. 

Selain Iptu Rudiana, beberapa saksi juga turut diperiksa untuk mengungkap kebenaran kasus ini. Sayangnya, hasil dari pemeriksaan terhadap Iptu Ridiana ini tidak dipaparkan di hadapan publik atas perintah Kapolri. 

"Beliau (Kapolri) memerintahkan untuk Propam, Irwasum turun. Jadi sudah memeriksa Iptu Rudiana, cuma hasilnya tidak diekspos." Katanya. 

"Tapi yang jelas sekarang ini proses yang dilakukan oleh Polda adalah kelanjutan daripada proses yang dulu dianggap sudah tuntas tapi dianggap bermasalah," lanjutnya. 

Sesuai dengan analisanya, Iptu Rudiana disebut melakukan kesalahan dengan merekasaya kasus kematian Eky dan Vina.  

"Saya tidak mendengar persis hasil dari pemeriksaan itu. Tapi saya bisa menduga, pasti dalam kasus ini yang nomor satu diperiksa yaitu Iptu Rudiana, karena di situlah mulai terjadi blunder, seakan-akan penyidikan yang dulu sudah selesai di tahun 2016, ternyata belum tuntas, di awali dengan tuduhan bahwa itu kasus rekayasa terutama direkayasa Rudiana itu. Dia yang nangkap, dia juga yang pengin LP. Jadi pasti akan diperiksa lagi," terangnya.  

Lebih lanjut, Aryanto belum bisa menyatakan, jika Iptu Rudiana bersalah lantaran proses pemeriksaan masih terus dilakukan. Akan tetapi, keterlibatan Iptu Rudiana dalam mengungkap kasus yang kembali viral tersebut dianggap janggal karena pada tahun 2016 lalu ia menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Cirebon. Namun yang jelas Iptu Rudiana terancam sanksi kode etik apabila ditemukan bukti adanya rekayasa terhadap kasus. 

Farhat Abbas Laporkan Iptu Rudiana ke Polisi 

Update kasus pembunuhan Vina dan Eky tentang laporan terbaru dari tim kuasa hukum Saka Tatal. Tim itu baru saj mendatangi Mapolres Cirebon Kota, Senin (17/6/2024) untuk melaporkan Iptu Rudiana, ayah kandung dari Eky, atas dugaan rekayasa dalam kasus ini. 

Farhat Abbas, salah satu kuasa hukum Saka Tatal, mengungkapkan bahwa ada kejanggalan dalam keterangan penyebab kematian Vina dan Eky yang diungkap oleh Rudiana.  

"Kami laporkan karena pengakuan dari Rudiana seolah-olah dia sudah langsung tahu bahwa yang membunuh itu ada 11 orang, kemudian yang mengakibatkan kematian adalah dari tusukan samurai dan luka segala macam, tapi kenyataannya berbeda dengan apa yang terjadi," kata Farhat kepada awak media, pada Selasa (18/6/2024). 

Saat ini, pihak kepolisian sudah menetapkan sembilan orang tersangka dalam kasus pembunuhan sadis tersebut. Farhat menjelaskan bahwa awalnya ada 11 tersangka, namun sekarang jumlahnya dikurangi menjadi sembilan orang. 

Farhat mengungkapkan, bahwa dua orang pelaku sudah dihapus dari daftar tersangka. Namun, ia meminta agar seluruh terpidana yang saat ini menjalani masa tahanan segera dibebaskan. 

"Kalau dulu itu rekayasa dan arahan yang didampingi penyidikan atau dilaporkan oleh ayah korban, kita maunya bukan hilang dua, kalau perlu mereka semua bebas dan merdeka dari kezaliman penyidikan, penuntutan dan hukuman," paparnya. 

Selain itu, ia juga berharap Polres Cirebon Kota dapat memproses laporan dari tim kuasa hukum Saka Tatal tentang dugaan rekayasa keterangan yang dilakukan oleh Iptu Rudiana. 

Itulah tadi update kasus Vina Cirebon hari ini. Semoga kasus ini segera terungkap! 

Sumber: suara
Foto: Update Kasus Vina Cirebon Hari Ini (ig/rudianabison)
Update Kasus Vina Cirebon: Ayah Eky Iptu Rudiana Dilaporkan sampai Diperiksa Propam Update Kasus Vina Cirebon: Ayah Eky Iptu Rudiana Dilaporkan sampai Diperiksa Propam Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar