Breaking News

Wapres Malawi Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat


Kabar duka menyelimuti Malawi. Wakil Presiden Malawi, Saulos Klaus Chilima (51) dipastikan tewas dalam kecelakaan pesawat.

Pesawat militer yang membawa Chilima beserta sembilan orang lainnya menghilang pada Senin 10 Juni 2024.

Reruntuhan pesawat ditemukan di kawasan hutan Chikangawa, di Kota Mzuzu, Malawi bagian utara, Selasa 11 Juni 2024.

"Seluruh penumpang dalam pesawat yang jatuh, termasuk Chilima dan mantan ibu negara Shanil Muluzi, meninggal dunia," kata Presiden Malawi Lazarus Chakwera, melansir Antara, Rabu (12/6/2024).

Lazarus mengatakan bahwa Saulos Chilima adalah orang baik. Ia adalah warga negara yang patriotik. Selain itu, Chilima merupakan seorang wakil presiden yang tangguh dan melayani negaranya dengan baik.

"Adalah sebuah kehormatan besar dalam hidup saya memiliki beliau sebagai wakil saya selama empat tahun ini," ujarnya.

Wapres Chilima dijadwalkan menghadiri upacara pemakaman mantan Menteri Kehakiman dan Jaksa Agung negara tersebut, Ralph Kasambara, yang meninggal dunia secara mendadak pada Jumat (7/6) dan dimakamkan di Mzuzu.

Namun, menurut Angkatan Bersenjata Malawi, pesawat tersebut gagal mendarat sesuai jadwal di Bandara Internasional Mzuzu karena jarak pandang yang buruk dan terpaksa kembali ke Lilongwe.

Pesawat kemudian menghilang dari radar saat dalam penerbangan menuju ibu kota. Saulos Chilima terpilih sebagai wakil presiden untuk pertama kalinya pada 2014, saat berpasangan dengan calon presiden Arthur Peter Mutharika.

Chilima kembali terpilih sebagai wakil presiden pada pemilu presiden 2020, sebagai pasangan calon presiden Chakwera, setelah Mahkamah Konstitusi Malawi memerintahkan pembatalan hasil pemilu 2019.

Sumber: suara
Foto: Ilustrasi pesawat jatuh. [Shutterstock]
Wapres Malawi Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Wapres Malawi Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar