Breaking News

Akun Instagram Kejati DIY Kena Hack, Ada Unggahan Tebus Murah Iphone


Akun media sosial instagram resmi milik Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kejati DIY) di-hack. Hingga saat ini masih dilakukan upaya pemulihan terhadap akun tersebut.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati DIY Herwatan. Dia mengatakan peretasan media sosial instagram Kejati DIY itu sudah terjadi sejak kemarin.

"Iya benar (kena hack) sejak kemarin sore. Sudah sejak kemarin sore diketahui instagram kejatijogja kena hack orang yang tidak bertanggungjawab," kata Herwatan saat dikonfirmasi, Selasa (16/7/2024).

Hingga pukul 16.50 WIB peretasan akun Instagram @kejatijogja itu masih berlangsung. Terlihat masih adanya dua unggahan yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab itu.

Dua unggahan itu berisi tentang promo tebus murah hp merek iphone. Sementara itu untuk unggahan lawas dari Kejati DIY masih ada di akun tersebut.

Herwatan menyebut pihaknya tengah berusaha melakukan pemulihan. Namun hingga saat ini belum berhasil dilakukan.

"Kami petugas IT Kejati DIY berusaha melakukan pemulihan, akan tetapi belum berhasil," ujarnya.

Dia menyebut peretasan ini hanya dialami oleh akun Instagram saja. Sementara untuk akun media sosial lain maupun website masih tetap aman.

Sementara itu pihaknya juga belum dapat memastikan apakah ada indikasi terkait pencurian data dalam aksi ini atau tidak. Saat ini pihaknya telah meminta bantuan Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Daskrimti) Kejagung dan tim siber Polda DIY untuk pemulihan.

"Selanjutnya kami melaporkan kejadian ini kepada kepolisian dan kami juga sudah minta bantuan Daskrimti Kejagung dan cyber Polda untuk pemulihannya," tandasnya.

Sumber: suara
Foto: Tangkapan layar akun Instagram Kejati DIY terkena hack, Selasa (16/7/2024). [suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
Akun Instagram Kejati DIY Kena Hack, Ada Unggahan Tebus Murah Iphone Akun Instagram Kejati DIY Kena Hack, Ada Unggahan Tebus Murah Iphone Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar