Breaking News

Fix! NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta


Partai NasDem resmi mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur Jakarta.

Keputusan itu diambil usai NasDem melakukan rapat yang dipimpin langsung Ketua Umum Surya Paloh.

Pengumuman disampaikan Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim yang juga dihadiri Anies di NasDem Tower.

"Pak Surya Paloh memimpin rapat langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," kata Hermawi di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Sebelum menyepakati mendukung Anies, diketahui ada dua nama lainnya yang juga berpeluang diusung di Jakarta.

Dua nama itu, yakni Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni dan Ketua DPW NasDem Jakarta Wibi Andrino.

Dengan tambahan dukungan dari NasDem, maka Anies Baswedan resmi genap didukung tiga partai setelah PKB dan PKS menyatakan dukungannya. Sedangkan untuk syarat minimal mendapatkan dukungan 21 kursi untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

Bila ditotal, maka Anies mendapat dukung 39 kursi legislatif dengan rincian, PKS 18 kursi, NasDem 11 kursi dan PKB 10 kursi.

Anies Diminta Yakinkan Partai Lain

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid atau HNW berharap Anies Baswedan bisa bekerja meyakinkan partai lain untuk mendukung dirinya dengan Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024. 

Menurut HNW, PKS sudah bekerja sedemikian rupa sehingga kini Anies diminta segera berlayar. 

Pernyatan itu disampaikan HNW menanggapi Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang menjengeuk Anies karena dikabarkan kurang sehat pada Kamis (18/7/2024) kemarin. 

"Harapannya adalah PKS sudah bekerja demikian banyak, tentu harapannya Pak Anies juga bisa melakukan aktivitasnya untuk memenuhi persyaratan ini sehingga bisa berlayar bersama dengan PKS," kata HNW di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2024). 

HNW merasa yakin bahwa pintu masih terbuka untuk Anies-Sohibul bisa maju di Pilgub Jakarta. 

Untuk itu, HNW meminta Anies bisa memberikan keyakinan agar partai-partai lain bisa memberikan dukungan. 

"Iya kan sudah ada beberapa partai yang menyampaikan setuju Pak Anies sebagai calon gubernur, PKB menyatakan demikian, nasdem demikian, bahkan PDIP menyatakan demikian," katanya. 

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai resmi diusung NasDem menjadi Cagub DKI Jakarta di NasDem Tower, Senin (22/7/2024). [Suara.com/Novian]
Fix! NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Fix! NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar