Breaking News

Geger Roti Okko Berpengawet Kosmetik, Apa bahaya Natrium Dehidroasetat?


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebut roti Okko yang diproduksi PT Abadi Rasa Food menggunakan tambahan pangan (BTP) berupa natrium dehidroasetat. Simak penjelasan bahaya natrium dehidroasetat di bawah ini.

BPOM menemukan kandungan natrium dehidroasetat di dalam roti Okko dalam penghujiannya sejalan dengan hasil inspeksi ke sarana produksi roti Okko pada 1 Juli 2024.

Tentu, kandungan tersebut tidak sesuai dengan komposisi yang tercatat pada saat pendaftaran produk.

Pasalnya, natrium dehidrosetat tidak termasuk dalam BTP yang diizinkan sebagaimana Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan.

Dikutip laman resminya, penemuan kandungan tersebut membuat BPOM memerintahkan produsen roti Okko untuk menarik produk dari peredarannya.

"Terhadap temuan ini, BPOM memerintahkan produsen roti Okko untuk menarik produk dari peredaran, memusnahkan, dan melaporkan hasilnya kepada BPOM," kata BPOM.

Lantas, apa itu Natrium Dehidroasetat dan bahayanya? Berikut ulasannya.

Apa Itu Natrium Dehidroasetat?

Natriu dehidroasetat atau sodium dehydroacetate(SDHA) merupakan garam natrium dari asam dehidroasetat.

Senyawa ini efektif dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti ragi, jamur, dan bakteri.

Mengutip dari Food Addictive, senyawa ini juga banyak digunakan sebagai bahan pengawet dalam produk farmasi, kosmetik, hingga makanan dikarenakan dapat meningkatkan stabilitas makanan serta memperpanjang umur simpan.

Natrium dehidroasetat dapat langsung ditambahkan ke makanan untuk dicampur dengan bahan lain terlebih dahulu.

Tak hanya it, senyawa ini juga dapat dibuat menjadi larutan untuk perendaman makanan, penyemprotan atau perawatan permukaan, tergantung pada jenis makanannya.

Bahaya Natrium Dehidroasetat untuk Kesehatan

Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Ema Setyawati mengatakan bahwa natrium dehidroasetat dapat menyebabkan masalah Kesehatan, seperti alergi dan gangguan pencernaan.

Efek itu bisa terjadi apabila makanan yang terkandung senyawa itu dikonsumsi oleh orang dengan Riwayat hipersensitif terhadap senyawa tertentu.

"Bahayanya untuk orang-orang yang memiliki Riwayat hipersensitif, maka natrium hidroasetat ini dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan reaksi alergi dan tidak nyaman di saluran cerna," kata Ema dalam konferensi pers virtual dikutip Jumat, 26 Juli 2024.

Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Profesor Hardianyah mengungkapkan natrium dehidroasetat dapat menyebabkan risiko jangka Panjang, termasuk masalah jantung hingga kanker.

"Sebelum ke kanker, ke gangguan pembuluh darah, risiko jantung koroner," ujarnya.

Sumber: disway
Foto: Bahaya Natrium Dehidroasetat, kandungan yang ada di dalam roti okko.-dok disway-
Geger Roti Okko Berpengawet Kosmetik, Apa bahaya Natrium Dehidroasetat? Geger Roti Okko Berpengawet Kosmetik, Apa bahaya Natrium Dehidroasetat? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar