Breaking News

Harga Motor Mantan Ketua KPU Hasyim Asy'ari Timpang Jauh di LHKPN dan Pasaran: Segini Banderolnya


Hasyim Asy'ari telah dipecat dari jabatannya sebagai Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum), seiring dengan skandal yang terkuak mengenai pelanggaran kode etik yakni tindakan asusila terhadap Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

Harta kekayaannya pun jadi sorotan. Menurut LHKPN dari 2018 hingga 2023, tercatat bahwa koleksi kendaraan dari eks pejabat ini relatif konsisten, terdiri dari empat kendaraan dengan total nilai mencapai Rp 324.000.000, menurut laporan tahun periodik 2023.

Kendaraan tersebut terdiri dari dua unit mobil dan dua unit motor.

Dua unit mobil tersebut terdiri dari Toyota Prado tahun 2006 yang menurut dokumen tersebut bernilai Rp 150 juta.

Baca Juga: Timpangnya Harga Mobil dan Motor Idaman Habib Bahar bin Smtih, Bak Gajah dan Semut

Pun juga Nissan New Serena tahun 2014 dengan taksiran nilai yang sama.

Selanjutnya, ada motor klasik berjenis Vespa PX150 tahun 1985 yang merupakan warisan, dengan nilai mencapai Rp 20 juta.

Terakhir, ada sebuah motor murah yang ditulis dengan sebutan Honda Speice, yang disinyalir merujuk pada Honda Spacy namun salah ketik.

Motor ini merupakan buatan tahun 2011 dengan nilai Rp 4 juta.

Beda harga versi LHKPN dan harga di pasaran

Namun benarkah harganya betulan segitu? Ternyata tidak, setidaknya menurut hasil penelusuran tim Suara.com di sejumlah situs jual beli kendaraan bekas.

Berdasarkan hasil pantauan, tergantung kondisi dan tahun pembuatan, rata-rata motor matic lawas ini dijual dengan harga bervariasi mulai dari 6-8 juta.

Namun ada juga yang menjual motor tersebut dengan harga 3 jutaan, dengan kondisi "seadanya" tentu saja.

Selisih rata-rata Honda Spacy di LHKPN dan di pasaran ini selisih sekitar 2-3 jutaan rupiah.

Walau demikian, harga jual ini tak terlalu beda jauh dengan data yang ada di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang dirilis oleh Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui situs samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB.

Pada situs tersebut, dipaparkan bahwa motor yang diketahui punya kode produksi NC11D1CF AT (versi velg CW) ini punya nilai jual Rp 5,3 juta, dan NC11D1D AT (versi spoke wheel) bernilai jual 4,8 juta.

Sekilas spesifikasi Honda Spacy

Perlu diketahui bahwa motor Honda Spacy dijual dengan dapur pacu sekaliber 108,2 cc yang tenaga maksimalnya mencapai 8,54 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8,63 Nm pada 6.000 rpm.

Sektor pendinginan motor ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara dan transmisi otomatis.

Untuk kapasitas tangki bahan bakar, si matic bongsor ini bisa menenggak bensin 5,2 liter.

Sumber: suara
Foto: Hasyim Asy'ari/Net
Harga Motor Mantan Ketua KPU Hasyim Asy'ari Timpang Jauh di LHKPN dan Pasaran: Segini Banderolnya Harga Motor Mantan Ketua KPU Hasyim Asy'ari Timpang Jauh di LHKPN dan Pasaran: Segini Banderolnya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar