Breaking News

Istana Wakil Presiden Segera Dibangun, Nilai Pagu Anggaran Capai Rp 1,7 Triliun


Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera membangun Kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres) atau RI 2 dengan nilai pagu sebesar Rp 1,7 triliun.
 
Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga menyampaikan, untuk pembangunannya masih menunggu jadwal groundbreaking alias peletakan batu pertama.
 
“Istana Wakil Presiden sudah kontrak, kita mau menunggu, tapi sudah siap untuk groundbreaking. Jadwalnya saya masih belum dikabarin,” kata Danis saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (26/7).
 
Terkait biaya pembangunan Istana Wapres diketahui dari nilai tender yang telah disepakati sebagaimana dikutip dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR. 
 
Dengan kode tender 87676064, pagu anggaran yang bersumber dari APBN 2024 itu akan dibangun untuk sejumlah proyek. Meliputi Istana Wakil Presiden, Kantor Wakil Presiden, Kantor Setwapres, Kediaman Wapres, Bangunan Pendukung Lainnya, serta Penataan Kawasan.
 
Adapun luas kawasan proyek Kompleks Istana Wapres yang akan dibangun mencapai 141.121 m2. Proyek yang telah dilelang sejak akhir tahun 2023 ini dimenangkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan harga penawaran pengerjaan kontrak di angka Rp 1,45 triliun dari sebelumnya ditetapkan nilai pagu paket sebesar Rp 1,7 triliun.
 
Untuk diketahui, pemasangan bilah terakhir garuda Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur telah selesai. Pemasangan bilah ke 4.650 menandai selesainya pembangunan garuda.
 
Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4.650. Pemasangan turut disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (sekaligus Plt Kepala OIKN) dan Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.
 
Hal itu merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN. Sebelumnya, pemasangan bilah perdana dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

Sumber: jawapos
Foto: ILUSTRASI: Kantor Presiden di IKN sudah bisa digunakan. (OIKN)
Istana Wakil Presiden Segera Dibangun, Nilai Pagu Anggaran Capai Rp 1,7 Triliun Istana Wakil Presiden Segera Dibangun, Nilai Pagu Anggaran Capai Rp 1,7 Triliun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar