Breaking News

Koalisi Besar Oligarki, Koalisi Busuk dan Sesat


Wacana pembentukan koalisi besar pendukung Prabowo-Gibran sedang di rancang untuk melanggengkan praktik kekuasaan oligarki dalam pemerintahan.

Gagasan ini makin kelihatan boroknya  ketika muncul gagasan bahwa koalisi partai politik  besar dan permanen akan menempatkan Joko Widodo sebagai pemimpin utama.

Arah  melangggengkan praktik oligarki di rekayasa dengan alasan menjaga stabilitas politik sebagai prasyarat utama agar visi dan misi yang diusung dapat terealisasi.

Semua omong kosong, licik, buruk, busuk dan menyesatkan, seolah olah rakyat buta, bodoh, dungu dan tolol semua

Pembentukan koalisi  besar dan permanen hanya akan menimbulkan praktik pelembagaan oligarki berkedok koalisi.

Keadaan akan semakin buruk ketika lembaga MPR / DPR seperti saat ini hanya sebagai budak kekuasaan oligarki maka akan tetap melekat sifat rente dan transaksional. Karakter partai-partai politik akan tetap sama fungsinya  sebagai jongos oligarki.

Kabinet Prabowo yang sudah lemah karena kemenangannya has rekayasa dengan curang akan semakin lemah di hadapkan pada tekanan politik dagang sapi.

Kalau itu terjadi akan membawa sejumlah ancaman dalam kebinetnya. Fungsi pengawasan DPR tetap lemah, tidak obyektif, fungsinya hanya sebagai pupuk bawang kekuasaan oligarki.

Fenomena ini akan mengakibatkan pemerintahan rentan terjebak dalam pola rezim otoritarian, di bawah kendali oligarki dan Cina ( RRC ).

Peran oposisi sebagai pengawas tetap lemah karena tergiur oleh tawaran jabatan, bantuan, imbalan, dan keuntungan bisnis. Sistem kekuasaan politik  oligarki, di mana kepentingan sejumlah kelompok diutamakan di atas kepentingan umum atau rakyat

Koalisi besar dan permanen untuk pelembagaan kabinet Prabowo dapat dianggap sebagai sebuah sesat pikir dalam konteks hukum dan ketatanegaraan. Membawa risiko kekuasan tetap di tangan kuasa oligarki dan RRC.

Langkah tersebut akan melanggar prinsip-prinsip tujuan negara yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa ..”_

Negara Indonesia wajib melindungi setiap aspek di dalamnya, mulai dari rakyat, budaya, kekayaan alam, hingga mempertahankan  nilai-nilai bangsa. (*)

Oleh: Sutoyo Abadi
Koordinator Kajian Politik Merah Putih
______________________________________
Disclaimer: Rubrik Kolom adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan oposisicerdas.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi oposisicerdas.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.
Koalisi Besar Oligarki, Koalisi Busuk dan Sesat Koalisi Besar Oligarki, Koalisi Busuk dan Sesat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar