Breaking News

Mendadak Rajin Blusukan Jelang Pilkada Jakarta, Siasat Gibran Demi Endorse Lawan Anies dari KIM?


Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Adi Prayitno menyebut Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka sengaja blusukan di Jakarta demi memberikan dukungan atau endorsemen kepada Calon Gubernur (Cagub) yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adi mengatakan, Adi sedang berupaya memantapkan pengaruh politiknya di Jakarta lewat blusukan. Apalagi, saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu, Prabowo Subianto-Gibran berhasil menjadi pemenang di Jakarta.

"Jadi ketika Gibran memantapkan pengaruh politiknya di Jakarta, maka calon-calon yang teridentifikasi satu kubu dengan Gibran itu akan otomatis mendapatkan faedah politik secara elektoral," ujar Adi kepada Suara.com, Kamis (11/7/2024).

KIM, disebut Adi, menginginkan para pemilih Prabowo-Gibran kembali memilih calon yang nantinya didukung oleh Gibran saat Pilkada DKI.

"Para pendukung Gibran ya mungkin akan hijrah dan migrasi kepada orang yang satu kubu dengan Gibran di Pilkada Jakarta," jelasnya.

Saat ini, KIM memang belum memutuskan siapa kandidat yang bakal diusung. Namun dengan blusukan Gibran ini, diharapkan bisa mempengaruhi warga Jakarta yang saat ini diprediksi kebanyakan masih memilih Anies Baswedan.

"Kalau ada masa kampanye nanti Pilkada Jakarta, Gibran akan dinilai, bahkan dianggap sebagai sosok yang di mana kedekatannya, gestur politiknya, terutama ke jalan yang akan diusung oleh KIM itu akan berdampak secara signifikan," pungkasnya. 

Mendadak Rajin Blusukan di Jakarta

Diketahui, terhitung sudah lima lokasi dikunjungi Gibran dalam dua pekan di Jakarta. Lewat blusukan, Gibran mengaku bisa mengetahui secara langsung kondisi masyarakat dan berbagai persoalannya.

"Minggu lalu saya sama Pak Pj Gubernur (Heru Budi Hartono) mengunjungi beberapa tempat yang bermasalah, tempat yang banjir, tapi kemarin sudah ada solusinya," jelasnya. 

"Hari ini kita ke tiga titik. Titik kawasan yang perlu perhatian khusus, ada kawasan kumuh, di sini ada pasar, intinya nanti ke depan tempat-tempat seperti ini terutama yang ada di Jakarta ya, akan kami beri atensi penuh," jelasnya. 

Gibran mengaku ke depannya akan memberikan perhatian khusus kepada pasar dan kawasan padat penduduk. Putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu berjanji akan membenahinya saat menjabat sebagai Wapres nanti. 

"Jadi bisa pasarnya makin ramai, makin proper, makin bersih dan juga yang beli makan banyak dan juga kampung-kampung padat, kampung-kampung kumuh akan kami lebih perhatikan lagi, sanitasinya, kesehatannya, anak-anak stunting akan kami perhatikan lagi. Kira-kira seperti itu," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka saat mengajak Raffi Ahmad blusukan ke permukiman warga Jakarta. (Suara.com/Fakhr)
Mendadak Rajin Blusukan Jelang Pilkada Jakarta, Siasat Gibran Demi Endorse Lawan Anies dari KIM? Mendadak Rajin Blusukan Jelang Pilkada Jakarta, Siasat Gibran Demi Endorse Lawan Anies dari KIM? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar