Breaking News

Mengenal Itrek Organisasi yang Biayai Perjalanan 5 Tokoh NU ke Israel, Ternyata Sudah Ramai Diboikot oleh Mahasiswa AS


Itrek atau Israel Trek merupakan lembaga yang membiayai perjalanan lima tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) ke Israel.

Seperti diketahui, Itrek merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berbasi di Kota New York, Amerika Serikat.

Organisasi Itrek ini memiliki program untuk mengirimkan mahasiswa pascasarjana juga tokoh-tokoh muda di berbagai negara untuk melakukan perjalanan ke Israel.

Kelompok pro-Israel ini mengatur perjalanan dan menerima dana langsung dari pemerintah Israel, untuk meningkatkan citra Israel di kalangan publik.

Namun perlu diketahui bahwa organisasi ini sudah mendapatkan penolakan dari banyak mahasiswa di Amerika Setikat.

Penolakan itu sebagai bentuk dukungan mereka terhadap rakyat Palestina.

Pada 2019, mahasiswa hukum Universitas Columbia menuliskan surat tentang penolakan Itrek karena menjadi saksi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Palestina.

"Kami, sebagai mahasiswa hukum, menentang penghapusan penindasan ini," bunyi surat tersebut.

Menurut mereka, penerapan Itrek ini mengaburkan kenyataan dalam upaya untuk menidurkan peserta agar terlibat dengan tindakan ilegal Israel.

"Perjalanan seperti Itrek menawarkan liburan di Palestina/Israel kepada mahasiswa asing, sementara para pengungsi Palestina dilarang untuk kembali ke rumah mereka di wilayah yang sama," ujarnya.

Meskipun perjalanan ini tampak gratis, namun mereka menilai bahwa perjalanan ini mengorbankan pengalaman warga Palestina yang hidup dalam pengucilan sistematis dan rasisme institusional yang diabadikan oleh negara Israel.

Selain itu, mahasiswa Hukum Universitas Pennsylvania turut menyuarakan penolakannya pada 2021.

Mereka membentuk organisasi mahasiswa, "Mahasiswa Hukum Penn untuk Keadilan di Palestina" (PLSJP).

Hal itu merupakan wujud dukungan terhadap pembebasan Palestina dan mengajukan petisi terhadap perjalanan yang didukung Universitas ke Israel.

Mereka merilis pernyataan dengan lebih dari 50 tanda tangan yang melarang mahasiswa berpartisipasi dalam Itrek, yang menyediakan perjalanan akademis tahunan ke Israel. (*)

Sumber: kilat
Foto: Mengenal organisasi Itrek yang membiayai perjalanan lima kader NU ke Israel/Net
Mengenal Itrek Organisasi yang Biayai Perjalanan 5 Tokoh NU ke Israel, Ternyata Sudah Ramai Diboikot oleh Mahasiswa AS Mengenal Itrek Organisasi yang Biayai Perjalanan 5 Tokoh NU ke Israel, Ternyata Sudah Ramai Diboikot oleh Mahasiswa AS Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar