Breaking News

Mundur Buntut Kasus Ransomware PDN, Ini Sosok Pengganti Anak Buah Menkominfo Budi Arie


Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi telah menunjuk pengganti Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan yang mundur usai kasus ransomware Pusat Data Nasional (PDN) Sementara 2 Surabaya.

Jabatan Pelaksana Tugas Dirjen Aptika Kominfo kini diemban Ismail yang juga menjabat sebagai  Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos Informatika (SDPPI) Kemenkominfo.

"Iya betul, baru sehari," kata Ismail, dikutip dari Antara, Minggu (7/7/2024).

Perintah Menkominfo ini juga tertuang dalam surat nomor 1715/M.KOMINFO/KP.01.06/07/2024. Di sana tertulis kalau jabatan Ismail ini efektif berlaku mulai 4 Juli 2024 dan berlangsung selama tiga bulan.

Merujuk surat itu, Ismail tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran.

Kemudian, keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis juga dimaksudkan merupakan keputusan dan/atau tindakan yang memiliki dampak besar seperti penetapan perubahan rencana strategis dan rencana kerja pemerintah.

Adapun perubahan status hukum pada aspek kepegawaian artinya dia tidak berwenang untuk melakukan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai.

Ismail sendiri sudah bekerja sebagai pegawai Kemenkominfo sejak tahun 1993. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Telekomunikasi dan Direktur Pengembangan Pita Lebar.

Kemudian dari tahun 2016 hingga saat ini, Ismail menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika.

Dirjen Aptika Kominfo mundur

Sebelumnya Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sejak 1 Juli 2024.

Hal ini berkaitan dengan kasus serangan server Pusat Data Nasional (PDN) yang dilakukan kelompok Brain Cipper Ransomware. Sebagaimana yang diketahui, PDN mengalami serangan siber dalam bentuk ransomware sejak Senin (17/6/2024).

Pengunduran diri tersebut disampaikan Semuel dalam konferensi pers di Kantor Kominfo.

"Per tanggal 1 Juli, saya sudah menyatakan pengunduran diri secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin," ucap Semuel, seperti dikutip dari YouTube KompasTV pada Kamis (4/7/2024).

Saat ditanya alasan utama pengunduran dirinya, Semuel menegaskan bahwa ia merasa bertanggung jawab atas serangan siber yang menyerang PDN. Server yang terdampak ransomware tersebut melumpuhkan berbagai layanan publik.

"Saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan menyatakan harusnya selesai di saya. Karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik," ungkapnya.

Sumber: suara
Foto: Dirjen APTIKA Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta (14/6/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
Mundur Buntut Kasus Ransomware PDN, Ini Sosok Pengganti Anak Buah Menkominfo Budi Arie Mundur Buntut Kasus Ransomware PDN, Ini Sosok Pengganti Anak Buah Menkominfo Budi Arie Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar