Breaking News

Stafsus Presiden RI Billy Mambrasar Tuai Sorotan Diduga Dapat Beasiswa LPDP Namun Tak Sesuai Aturan


Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menuai sorotan.

Stafsus Presiden RI tersebut diduga menerima beasiswa LPDP namun tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa resmi dari Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan bagi para generasi muda di Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.

Sosok Billy Mambrasar yang turut menerima beasiswa LPDP justru menuai berbagai pertanyaan dari netizen.

Banyak dari netizen yang menilai bahwa terdapat kejanggalan dalam peraturan penerimaan beasiswa LPDP dalam kasus Billy Mambrasar.

Mulai dari kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai persyaratan, hingga penundaan masa studi melebihi batas waktu maksimal.

“Billy diketahui lulus LPDP di 2017, S2 di Harvard ketika udah punya gelar S2, harusnya gak boleh ikut LPDP.” Tulis keterangan utas tersebut, dilansir Kilat.com dari akun X @intinyadeh pada 6 Juli 2024.

Billy Mambrasar yang diketahui sudah memiliki gelar S2 dari Australia National University (ANU), dinilai tidak sesuai dengan persyaratan LPDP yang tidak memperkenankan penerima beasiswa memiliki gelar pendidikan yang sama.

Namun pihak LPDP mengklarifikasi bahwa Billy Mambrasar mendapat beasiswa untuk jenjang S3 bukan S2, sebab telah menyelesaikan gelar Master di ANU.

Meski telah diklarifikasi, namun netizen masih mempertanyakan terkait masa penundaan yang didapatkan Billy Mambrasar yang baru mulai S3 ditahun 2023 meski mendapat beasiswa LPDP di 2017.

Sementara itu berdasarkan peraturan tertulis LPDP, masa penundaan maksimal merupakan dua tahun terhitung sejak penerima mandapatkan beasiswa, itupun harus dengan berbagai alasan tertentu.

“LPDP klarif Billy dapat beasiswa LPDP 2017, PK 2018, itu buat S3, tapi ngajuin penundaan, baru mulai S3 di 2023. Selama penundaan itu dia S2 lagi dengan beasiswa lain,” Sambung utas tersebut.

Netizen mempertanyakan terkait masa penundaan yang diterima Billy Mambrasar yang melebihi batas maksimal yakni dua tahun.

“Netizen: kok penundaan bisa lima tahun? Kan diaturan LPDP maksimal dua tahun? LPDP: ada diskresi arahan pimpinan,” Tulisnya.

Netizen pun masih terus mempermasalahkan terkait diskresi pimpinan yang tidak tertulis secara resmi dalam peraturan LPDP. (*)

Sumber: kilat
Foto: Billy Mambrasar, Stafsus Presiden. (Twitter/ @billymambrasar)
Stafsus Presiden RI Billy Mambrasar Tuai Sorotan Diduga Dapat Beasiswa LPDP Namun Tak Sesuai Aturan Stafsus Presiden RI Billy Mambrasar Tuai Sorotan Diduga Dapat Beasiswa LPDP Namun Tak Sesuai Aturan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar