Breaking News

Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Jateng: Irjen Ahmad Lutfhi Ditempel Ketat Sudaryono, Nama Kaesang Raib!


Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep masih terbawah dalam elektabilitasnya untuk Pilgub Jawa Tengah 2024. Hal itu seperti terpotret dalam hasil survei terbaru milik Lembaga riset Indeks Data Nasional (IDN) yang dirilis Senin (15/7/2024). 

Dalam simulasi terbuka atau top of mind survei, berada di urutan teratas nama Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dengan 13,5 persen. Kemudian bersaing ketat di urutan dua ada nama Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono dengan 9,6 persen.  

Lalu di bawah dua nama itu ada Taj Yasin Maimoen 4,6 persen, Dico Ganinduto 3,7 persen, Ganjar Pranowo 3,5 persen, Bambang Wuryanto 2,3 persen, Yusuf Chudori 1,7 persen, Hendrar Prihadi 1,5 persen, Casytha Arriwi 1,0 persen. 

Sementara Kaesang hanya memperoleh angka 0,7 persen.  

Di sisi lain dalam simulasi survei tertutup nama Kaesang bahkan juga tak muncul dalam elektabilitas. 

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif IDN, Syifak Muhammad Yus, menyampaikan, jika nama Kaesang tak ada dalam simulasi surveinya lantaran angkanya terbilang kecil. 

"Nah soal Kaesang, kita tidak men-simulasikan nama Kaesang, di top of mind juga sangat kecil, tapi tidak kita simulasikan karena relatif ketika kita turun ke lapangan, kita pilih ini nama Kaesang baik LSI maupun Indikator belum merilis hasil temuan surveinya," katanya saat memaparkan hasik surveinya di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin. 

"Di bulan Mei kemarin juga IDN survei, nama Kaesang juga tidak keluar teratas dalam top of mind, sehingga kita merasa tidak perlu memasukkan nama Kaesang ke dalam simulasi," sambungnya. 

Adapun survei IDN terkait Pilgub Jateng 2024 ini digelar pada periode 30 Juni hingga 7 Juli 2024, melibatkan 1200 responden dengan margin of error ± 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dan melalui metode dipilih secara acak bertingkat alias multistage random sampling.

Sumber: suara
Foto: Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Jateng: Irjen Ahmad Lutfhi Ditempel Ketat Sudaryono, Nama Kaesang Raib! [Suara.com/Alfian Winanto]
Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Jateng: Irjen Ahmad Lutfhi Ditempel Ketat Sudaryono, Nama Kaesang Raib! Survei Terbaru Elektabilitas Pilkada Jateng: Irjen Ahmad Lutfhi Ditempel Ketat Sudaryono, Nama Kaesang Raib! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar