Breaking News

Apa Itu Anestesi? Program Studi yang Diikuti Aulia Risma Lestari Korban Bunuh Diri Diduga Tak Kuat Menahan Bully Selama PPDS


Aulia Risma Lestari, Dokter muda RSUD Kardinah Tegal meninggal dunia bunuh diri diduga jadi korban bully di Undip Semarang.

Melansir dari akun X @kegblgnunfaedh, Aulia Risma Lestari tewas di kamar kostnya usai suntik obat bius.

Kemenkes buka suara soal meninggalnya Aulia Risma hingga menyetop program studi anestesi di RSUP Dr. Kariadi.

Aulia Risma Meninggal usai suntik obat bius

Pihak PPDS Anestesi Undip diduga menutupi dengan menyebut korban sering suntik obat ke tubuhnya karena sakit saraf kejepit.

Namun dari hasil pemeriksaan, ditemukan buku harian Aulia menjadi korban perundungan saat mengikuti PPDS Undip Semarang.

"Sehubungan dengan dugaan terjadinya perundungan di Program Studi Anestesi Universitas Diponegoro yang ada di RSUP Dr. Kariadi yang menyebabkan terjadinya bunuh diri pada salah satu peserta didik," bunyi keterangan kemenkes.

Pada akhirnya, Kemenkes langsung menghentikan sementara program studi anestesi di RSUP Dr. Kariadi.

"Maka disampaikan kepada saudara untuk menghentikan sementara program studi anestesi di RSUP Dr. Kariadi sampai dengan dilakukannya investigasi," sambung Kemenkes.

Mengenal program anestesi

Program studi yang mempelajari anestesi meliputi resusitasi, dan monitoring hemodinamik kepada pasien sebelum dan pasca operasi.

Sebagai penata anestesi yang saat ini masih dibutuhkan di Indonesia bertugas sebagai mitra dokter, dan dokter spesialis.

Perawat anestesi memiliki beberapa tanggung jawab seperti memberikan anestesi.

Seperti misalnya memantau kondisi vital pasien, dan memperhatikan proses pemulihan pasien setelah operasi.

Nantinya, perawat anestesi bisa bekerja membantu dokter, dokter gigi, hingga praktisi medis profesional lainnya.

Program residensi anestesiologi membantu mahasiswa memperoleh pengalaman dalam memberikan perawatan sebelum dan setelah operasi.

Dokter anestesi bertanggung jawab dalam proses pembiusan sebelum pasien menjalani operasi.

Respon warganet terhadap Kemenkes lakukan tindakan menghentikan program tersebut tuai apresiasi.

"Bagus.... dihentikan sementara... yg bully kena akibatnya jg," tulis akun X @Angga_suy***.(*)

Sumber: kilat
Foto: Penjelasan Mengenai Anestesi, program yang diikuti oleh Aulia Risma Lestari. (X @kegblgnunfaedh dan freepik wirestock)
Apa Itu Anestesi? Program Studi yang Diikuti Aulia Risma Lestari Korban Bunuh Diri Diduga Tak Kuat Menahan Bully Selama PPDS Apa Itu Anestesi? Program Studi yang Diikuti Aulia Risma Lestari Korban Bunuh Diri Diduga Tak Kuat Menahan Bully Selama PPDS Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar