Breaking News

KPK Tak Ragu Periksa Kaesang Pangarep: Semua Orang Berkedudukan Sama di Depan Hukum


Sosok Kaesang Pangarep yang menggunakan jet pribadi bersama istrinya Erina Gudono ke AS hingga kini masih menjadi perhatian publik.

Baru-baru ini, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata angkat bicara soal Kaesang Pangarep yang menggunakan jet pribadi bersama Erina Gudono ke AS.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tidak menutup kemungkinan pihaknya akan memanggil Kaesang Pangarep agar mendapatkan klarifikasi dari putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

Terlebih semua orang kata Alexander, memiliki kedudukan yang sama di depan hukum.

Untuk itu, dirinya telah memerintahkan Direktorat Gratifikasi untuk turun tangan melakukan pengusutan.

"Gak usah sungkan, gak usah ragu, kita melaksanakan tugas, kalo itu menjadi perhatian publik, ya kita harus peka juga," kata Alexander seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube KompasTV Kamis, 29 Agustus 2024.

Menanggapi hal itu, mantan penyidik KPK Yudi Purnomo menilai pemanggilan Kaesang hanya bersifat klarifikasi.

Pasalnya KPK kata Yudi, tetap harus mengedepannya asas praduga tidak bersalah terhadap Kaesang. Namun demikian, Yudi mengatakan KPK tidak boleh meremehkan isu tersebut. Pasalnya isu tersebut telah menjadi sorotan publik sejak beberapa waktu terakhir.

Terlebih saat ini banyaknya netizen yang mulai mencari tahu sendiri fakta penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan Erina.

"Oleh karena itulah sebenarnya rangkaian yang paling tepat ya di KPK, karena di KPK, kita tahu mereka mempunyai kewenangan yang lebih luas," ujarnya.

Di sisi lain, KPK tidak bisa serta merta langsung melakukan pemeriksaan terhadap Kaesang.

Hal ini lantaran Kaesang bukan pejabat publik maupun aparatur seperti PNS atau Polri.

"Itulah sebabnya maka yang harus dilakukan KPK tentu tidak ujug-ujug datang langsung ke Mas Kaesang ya, tentu mereka harus punya bukti awal dulu, seperti misalnya melakukan klarifikasi kepada perusahaan yang menyediakan pesawat," tuturnya.(*)

Sumber: kilat
Foto: KPK Tak Ragu Periksa Kaesang Pangarep (Kolase tangkap layar Setkab.go.id dan Instagram @erinagudono)
KPK Tak Ragu Periksa Kaesang Pangarep: Semua Orang Berkedudukan Sama di Depan Hukum KPK Tak Ragu Periksa Kaesang Pangarep: Semua Orang Berkedudukan Sama di Depan Hukum Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar