Breaking News

Ribuan Driver Ojol dan Kurir se-Jabodetabek Demo Besar Hari Ini, Tuntut Adanya Payung Hukum Bagi Pengemudi


Ribuan driver ojol dan kurir dikabarkan akan menggelar demo besar pada hari ini, Kamis, 29 Agustus 2024 di Jakarta.

Demo besar ini diperkirakan diikuti oleh lebih dari 1000 driver ojol dan kurir di wilayah se-Jabodetabek.

Ribuan massa yang terdiri dari pengemudi ojek online dan kurir ini dikabarkan akan bergerak di tiga lokasi.

Yakni di wilayah Istana Merdeka, kantor perusahaan transportasi online di wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan Cilandak, Jakarta Selatan.

Melansir YouTube Kompas TV, Kamis, 29 Agustus 2024, Igun Wicaksono selaku Ketum Garda Indonesia mengatakan bahwa aksi demo ini dilatarbelakangi rasa kecewa dan tekanan yang dirasakan para driver ojol dan kurir.

Tekanan yang dimaksud adalah tidak adanya payung hukum atau legal standing berupa UU yang melindungi para driver ojol dan kurir.

"Hingga saat ini, status hukum ojek online ini kami nilai masih ilegal tanpa adanya legal standing berupa undang-undang," kata Igun.

Menurut Igun, tidak adanya payung hukum ini dinilai memperbesar peluang oknum perusahaan untuk bersikap sewenang-wenang pada mitra.

Untuk itu, ribuan driver ojol dna kurir di wilayah Jabodetabek sepakat untuk berkumpul dan menyuarakan kekhawatiran mereka pada pemerintah.

Kendati aksi demo ini dilatarbelakangi kekecewaan, Igun memastikan bahwa massa akan melakukan aksi unjuk rasa dengan tertib.

Ia juga berharap, melalui aksi demo ini, pemerintah dan peruahaan dapat menerima aspirasi para driver ojol dan kurir.

"Harapan kami perusahaan aplikasi juga menghormati penyampaian pendapat sebagai bentuk masukan yang perlu diperhatikan dan pemerintah dapat menyimpulkan permasalahan yang terus berulang di ekosistem transportasi online ini," pungkasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ilustrasi ribuan driver ojol dna kurir se-Jabodetabek demo besar hari ini (Ilustrasi TikTok/@awuu.daily)
Ribuan Driver Ojol dan Kurir se-Jabodetabek Demo Besar Hari Ini, Tuntut Adanya Payung Hukum Bagi Pengemudi Ribuan Driver Ojol dan Kurir se-Jabodetabek Demo Besar Hari Ini, Tuntut Adanya Payung Hukum Bagi Pengemudi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar