Breaking News

Riza Patria Akui KIM Plus di Daerah Tak Solid Usai MK Kabulkan Gugatan UU Pilkada


Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Ridwan Kamil dan Suswono angkat bicara soal putusan MK terbaru soal ambang batas pencalonan Kepala Daerah dari partai politik (parpol).

Politisi Gerindra Riza Patria mengatakan KIM Plus hingga kini masih solid meski adanya putusan MK terbaru soal ambang batas pencalonan kepala daerah dari parpol.

Namun demikian, Riza Patria mengakui KIM Plus tidak selalu solid di seluruh daerah yang akan menggelar Pilkada 2024.

Riza Patria lantas mencontohkan dirinya yang akan berkompetisi dengan sesama anggota KIM di Pilwalkot Tangsel.

Dimana, dirinya akan berhadapan dengan sang petahana, Benyamin Davnie yang diusung oleh Partai Golkar.

Selain itu, dirinya mengungkapkan di beberapa daerah seperti di Bali dan Sulut, Gerindra bahkan berkoalisi dengan partai di luar KIM, dalam hal ini PDIP.

"Jadi sekali lagi antara Pilpres dengan Pilkada tidak selalu linier ya sekalipun tiap koalisi di Pilpres punya kedekatan dan selalu ingin kompak dan bersatu tapi prakteknya tidak bisa dipaksakan," kata Riza Patria seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube Tv One News Rabu, 21 Agustus 2024.

Terlebih setiap daerah, memiliki rival lokal tersendiri yang ingin ditampilkan oleh parpol pengusung.

Terkait dinamika internal KIM, pria yang akrab disapa Ariza ini mengaku koalisinya belum sepenuhnya solid seperti di Jakarta, Jateng dan Jatim.

Dirinya mengaku bersyukur koalisinya mendapatkan dukungan dari luar parpol anggota KIM seperti di Jakarta dan Jateng.

"Terkait konfigurasi dukungan partai politik itu cair, semua partai politik punya kemandirian, punya kewenangan masing-masing," ujarnya.

Terkait putusan MK terbaru yang menurunkan ambang batas pencalonan Kepala Daerah dari parpol di Pilkada serentak 2024, Ariza mengaku akan menghormatinya. Pihaknya akan menunggu keputusan KPUD dan Bawaslu terkait putusan terbaru MK tersebut.

"Kami siap melawan kotak kosong, siap melawan calon independen dan siap melawan atau berkompetisi dengan pasangan siapapun yang diusung dari partai politik manapun," tuturnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Politisi Gerindra, Ahmad Riza Patria bersama Marshel Widianto. (Instagram/@arizapatria)
Riza Patria Akui KIM Plus di Daerah Tak Solid Usai MK Kabulkan Gugatan UU Pilkada Riza Patria Akui KIM Plus di Daerah Tak Solid Usai MK Kabulkan Gugatan UU Pilkada Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar