Breaking News

Siap-siap! ASN Berstatus Lajang Akan Ikuti Tahap Awal Pindah ke Ibu Kota Nusantara


Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Arizal memberikan keterangan bahwa aparatur sipil negara (ASN) yang masih lajang atau belum menikah akan mengikuti pemindahan tahap awal ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu diungkapkan Arizal dalam acara Gerakan Bangun Nusantara di Antara Heritage Center Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Agustus 2024.

"Waktu sidang ratas kemarin ya, arahannya itu yang pindah tahap awal itu mereka (ASN) yang masih lanjang," ucap Arizal dikutip Kilat.com dikutip dari Antara, Sabtu, 3 Agustus 2024.

"Untuk sementara jangan bawa istri atau suami dulu ke sana. Jadi yang masih lanjang," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menerangkan jika pemindahan ASN dilakukan secara bertahap sesuai penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian di kawasan IKN.

“Penapisan kelembagaan ini penting karena akan menggaransi terciptanya efektivitas dan efisiensi pemerintahan," kata Anas.

Anas menambahkan bahwa ASN yang mengikuti pemindahan pertama akan mendapat tunjangan pionir.

Penempatan ASN ke IKN juga dilakukan lewat formasi khusus rekrutmen CPNS untuk penempatan di IKN. Rekrutmen tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat.

Berdasarkan perincian formasi bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), saat ini terdapat 40.021 CPNS di Instansi Pusat yang akan ditempatkan di IKN.

Dari jumlah 40.021 formasi CPNS tersebut, pemerintah akan memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk putra-putri terbaik Kalimantan Timur.

Selain itu, pemindahan ASN ke IKN dilakukan dengan cara memutasi pegawai Pemda di sekitar IKN dengan cara yang terbuka.

Walaupun demikian, jumlah ASN yang akan ditempatkan ke IKN tergantung ketersediaan hunian.

Anas mengungkapkan bahwa hingga November mendatang di kawasan IKN baru akan terdapat 47 tower yang nantinya akan dijadikan hunian ASN.

“Nanti dari 47 tower itu, sebanyak 29 tower akan diisi ASN, lalu sebagian lainnya diisi TNI/Polri,” ujar Anas. (*)

Sumber: kilat
Foto: ASN yang saat ini masih lajang, siap-siap akan dipindahkan ke IKN di tahap awal. Foto: Penampakan Ibu Kota Nusantara (IKN). (Instagram @budi.pradono_real)
Siap-siap! ASN Berstatus Lajang Akan Ikuti Tahap Awal Pindah ke Ibu Kota Nusantara Siap-siap! ASN Berstatus Lajang Akan Ikuti Tahap Awal Pindah ke Ibu Kota Nusantara Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar