Breaking News

Alasan Rocky Gerung Dorong Anies Bikin Partai Baru: Indonesia Punya Kultur Ajaib


Rocky Gerung menjadi salah satu sosok yang mendorong Anies Baswedan agar segera membuat partai politik baru usai mantan Gubernur Jakarta itu gagal mendapat tiket di Pilkada Serentak 2024.

Baru-baru ini, Rocky Gerung mengungkapkan alasannya dirinya yang mendorong Anies Baswedan untuk segera membuat partai politik baru.

Rocky menuturkan gagalnya Anies dalam mendapatkan tiket di Pilkada Serentak 2024, menjadi satu refleksi panjang bagi seluruh elemen masyarakat terkait kondisi perpolitikan Indonesia saat ini.

Pasalnya, Rocky menilai kondisi perpolitikan di Tanah Air saat ini mengalami kedangkalan. Dimana, demokrasi di Tanah Air saat ini harus diuji sekaligus diapresiasi dalam upaya pengembalian politik ke tangan masyarakat Indonesia.

Untuk melakukan pengujian demokrasi di dalam negeri kata Rocky, membuat semua pihak dituntun mulai berpikir secara akademis dan etis.

"Jadi kalo kita bikin refleksi hanya berbasis kepada keadaan Indonesia tentu dengan mudah kita terangkan bahwa Indonesia bisa punya kultur yang ajaib, ada demokrasi tapi dikendalikan kan itu kita sebut dengan illiberal democracy dalam teori misalnya," kata Rocky seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube-nya Minggu, 1 September 2024.

Rocky menuturkan refleksi tersebut membuat semua pihak mengetahui value sebenarnya di dalam demokrasi. Dimana, basis dari demokrasi bukan sentimen, melainkan argumentasi.

"Nah sekarang yang terjadi sentimen itu membatalkan argumen," ujarnya.

Akibatnya, sentimen tersebut mencegah sejumlah pihak seperti Anies untuk berkompetisi dalam pertandingan pemilihan lantaran munculnya kekhawatiran kubu lain akan dikalahkan.

Sehingga, kubu yang merasa terancam tersebut kata Rocky, terpaksa melakukan hal yang tak rasional untuk menyingkirkan lawannya.

"Jadi pertama kita kembalikan ide politik, apa itu politik? Politik adalah peralatan untuk menghasilkan keadilan, jadi keadilan itu tidak boleh dihambat," tuturnya.(*)

Sumber: kilat
Foto: Rocky Gerung Ungkap Alasan Dorong Anies Baswedan Dirikan Partai Politik (pks.id)
Alasan Rocky Gerung Dorong Anies Bikin Partai Baru: Indonesia Punya Kultur Ajaib Alasan Rocky Gerung Dorong Anies Bikin Partai Baru: Indonesia Punya Kultur Ajaib Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar