Breaking News

Anies Serius Bikin Partai Baru, Disiapkan Ikut Pemilu 2029


Usai terjegal tidak bisa maju dalam Pilkada Jakarta, Anies Baswedan bakal fokus mendirikan partai politik baru. Juru bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid mengatakan, salah latar belakang pembentukan partai yakni berakarar dari aspirasi masyarakat, khususnya para pendukung.

"Tentunya serius (bikin partai baru). Dasar pembentukan partai adalah menjadi bagian dari kontribusi anak bangsa terhadap negeri. Jadi tidak ada kekecewaan,” kata Sahrin, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (1/9/2024).

Namun, Sahrin menegaskan, pembentukan partai ini bukan berangkat dari kekecewaan Anies usai terjegal dalam Pilkada Jakarta.

"Membangun partai adalah mengokohkan pelembagaan demokrasi. Oleh sebab itu tentu mengerjakannya adalah bentuk keseriusan. Namun ini semua masih dalam pertimbangan," jelas Sahrin.

Dia menambahkan, usulan Anies untuk membentuk partai politik murni usulan dari berbagai pihak yang menginginkan Anies membentuk partai baru ketimbang bergabung dengan Parpol yang sudah ada.

"Aspirasi masyarakat begitu banyak untuk membentuk wadah perjuangan," ucapnya.

Sahrin tidak menampik jika partai yang sedang dibesut Anies ini juga dipersiapkan untuk Pemilu mendatang.

"Di Indonesia kontestasi pemilu salah satu jalannya adalah partai pemilu," katanya menambahkan.

Anies Baswedan, sebelumnya merilis sebuah video di kanal YouTube yang tentang proses mengikuti kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Video yang diunggah di akun pribadinya, Anies memberikan sinyal kuat untuk membentuk partai politik baru. Pembentukan partai baru tersebut sebagai bentuk perlawanannya ketika dirinya ditekel saat akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

“Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang makin hari terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan. Maka membangun ormas atau membangun partai baru, mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies dalam kanal YouTube.

Anies juga memberikan tanda bahwa wacana untuk membentuk partai politik baru ini akan diwujudkan dalam waktu dekat.

Ia menyebutkan, partai yang akan dibentuknya adalah gerakan politik yang mengedepankan kebijakan dan gagasan.

“Semoga tidak lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah kongkrit untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini, makin hari makin membesar,” jelas Anies.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan (X)
Anies Serius Bikin Partai Baru, Disiapkan Ikut Pemilu 2029 Anies Serius Bikin Partai Baru, Disiapkan Ikut Pemilu 2029 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar