Breaking News

Apa Itu Steward, Petugas Stadion yang Diburu Suporter Persib?


Laga Persib Bandung versus Persija Jakarta yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Senin 23 September 2024 berakhir ricuh.

Kericuhan bermula setelah beberapa suporter Persib berhamburan turun ke lapangan untuk memburu steward. Apa itu steward? Bagaimana tugas-tugas mereka di dalam suatu pertandingan sepak bola? Berikut penjelasannya.

Kilat.com menelusuri istilah steward tidak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang diakses secara daring. Arti kata steward menurut Cambridge Dictionary adalah seseorang yang tugasnya mengatur acara tertentu, atau memberikan layanan kepada orang-orang tertentu, atau menjaga tempat tertentu.

Dengan kata lain, steward bermakna sebagai orang yang bertanggung jawab atas suatu acara atau pengelolaan suatu tempat serta orang yang tugasnya membantu orang lain di tempat atau acara tertentu. Sedangkan dalam konteks sepak bola, steward yang berada di stadion berfungsi sebagai petugas yang menjaga keamanan dan kelancaran pertandingan.

Dilansir dari laman Sports Grounds Safety Authority (SGSA), keberadaan steward di lapangan dianggap sangat penting. Steward bekerja dengan menerapkan kebijakan dan instruksi dari tim manajemen keselamatan. Tugas dari steward biasanya amat bergantung pada kebutuhan dan keadaan stadion pertandingan. Sebagai gambaran umum, tugas steward mencakup:

1. Membantu sirkulasi penonton, termasuk selama masuk dan keluar.

2. Memantau dan mengendalikan pergerakan dan kepadatan kerumunan di dalam area tontonan, untuk mencegah kepadatan berlebih.

3. Mengidentifikasi dan melaporkan potensi bahaya, seperti bahaya tersandung atau kebakaran.

4. Pintu masuk, pintu keluar, dan titik strategis lainnya, seperti lapangan, atau pintu keluar atau gerbang sesuai kebutuhan.

5. Menanggapi insiden (seperti tahap awal kebakaran atau insiden medis); berkomunikasi dengan titik kontrol, dan mengambil tindakan segera yang diperlukan.

6. Membantu layanan darurat dalam operasi manajemen keselamatan, jika diarahkan oleh petugas keselamatan.

Dalam pertandingan, umumnya steward ditempatkan di pinggir lapangan. Lebih dekat dengan tribun suporter, bahkan ada yang berjaga di tribun. Idealnya, steward sangat mungkin tidak akan melihat jalannya pertandingan sepak bola walaupun berada di dalam stadion karena difokuskan memperhatikan perilaku atau gerak-gerik suporter. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ilustrasi steward (Ilustrasi/Football Stadiums)
Apa Itu Steward, Petugas Stadion yang Diburu Suporter Persib? Apa Itu Steward, Petugas Stadion yang Diburu Suporter Persib? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar