Breaking News

Faisal Basri, Keponakan Wapres Adam Malik dan Ekonom Kritis yang Wafat Hari Ini


Berikut adalah profil Faisal Basri, keponakan Wakil Presiden Adam Malik yang wafat hari ini, Kamis, 5 September 2024.

Faisal Basri meninggal dunia di usia 65 tahun di RS Mayapada Kuningan, Jakarta pukul 03.50 WIB.

Sosok Faisal Basri dikenal sebagai seorang ekonom senior sekaligus politikus yang kritis. Kabar wafatnya Faisal Basri membuat publik berduka dan mengenang sosok mendiang.

"Semoga ilmu dan amal yang ditinggalkan menjadi pahala yang mengalir terus menerus baginya. Semoga lahir Faisal Basri baru yang jujur, cerdas dan berani menyampaikan kebenaran. Aamiin.," tulis @WalauSatu dikutip Kilat.com dari X @ChatibBasri, pada Kamis, 5 September 2024.

"belum ada lagi ekonom yg berani bicara seperti arwah pak rizal ramli dan faisal basri..semoga ada penerus yg mampu mengatakan hal sebenarnya yg terjadi dlm ngri ini..smoga arwah mereka di cucuri rahmat Allah Ta'ala," balas @krakencumicumi.

Seperti diketahui, Faisal Basri pernah beberapa kali mengkritik kebijakan Presiden Jokowi.

Selain itu, keponakan dari Wapres Adam Malik juga sosok yang berdedikasi tinggi di dunia pendidikan.

Dilansir Kilat.com dari laman LPEM FEB UI, pria kelahiran 6 November 1959 itu pernah menjadi pengajar di FEB UI sejak 1981 dengan mengampu mata kuliah Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Sejarah Pemikiran Ekonomi, dan Ekonomi Pembangunan.

Lulusan sarjana di FEB, UI dan magister di Vanderbilt University, Amerika itu juga mengajar di Program Magister Akuntansi, Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan, Magister Manajemen, dan Pascasarjana UI.

Pendiri Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) itu juga pernah menjadi Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, FEB UI (1995-1998) sekaligus Ketua STIE Perbanas Jakarta (1999-2003).

Faisal Basri juga pernah menjadi anggota TIM "Perkembangan Perekonomian Dunia" pada Asisten II Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (EKUIN) pada 1985-1987.

Ia kembali menjadi anggota tim asisten EKUIN Presiden RI tahun 2000.

Selain itu, beliau merupakan sosok yang kritis dan sering menuangkan ide dan gagasannya dalam tulisan yang dimuat pada websitenya, fasisalbasri.com. (*)

Sumber: kilat
Foto: Faisal Basri (Kolase lpem.org dan Facebook Ikatan Alumni Perbanas Jakarta)
Faisal Basri, Keponakan Wapres Adam Malik dan Ekonom Kritis yang Wafat Hari Ini Faisal Basri, Keponakan Wapres Adam Malik dan Ekonom Kritis yang Wafat Hari Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar