Breaking News

Hanya 9 Bulan, Harta Kekayaan Bupati Karna Suswandi Bertambah Rp 243,5 Juta, Kini Ditetapkan KPK Tersangka Korupsi


Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sepekan ini menjadi sorotan publik lantaran ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus korupsi.

Harta kekayaan sosok Karna Suswandi tak luput dari sorotan. Diketahui, Karna resmi menjabat sebagai Bupati Situbondo pada 26 Februari 2021. Sebelumnya Ia pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Bondowoso.

Selain itu, dia juga pernah menjabat Kepala Dinas PUTR di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Setelah resmi menjabat Bupati, Karna pertama kali melaporkan kekayaannya pada 10 Maret 2021.

Dilihat di situs LHKPN, Minggu 8 September 2024, Bupati Karna melaporkan kekayaan pada 10 Maret 2021 dengan nilai Rp2.520.469.102. Diterangkan, jenis laporan ini khusus, awal menjabat.

Kemudian, Karna kembali melaporkan harta kekayaan pada 31 Desember 2021 dengan jenis laporan periodik senilai Rp2.764.059.398.

Jika dihitung, harta kekayaan Karna hanya berselang 9 bulan dari laporan pertama ke laporan ke dua bertambah senilai Rp243,5 juta.

Gaji Bupati atau Wali Kota

Gaji Pokok Kepala Daerah, Bupati atau Wali Kota adalah Rp21, juta per bulan. Sementara Wakil Bupati atau Wakil Wali Kota adalah Rp1,8 juta per bulan.

Gaji kepala daerah tingkat Kabupaten dan Kota ini dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 59 tahun 2000, pasa 1.

Tunjangan dan Fasilitas

Sesuai Kepres Nomor 68 tahun 2001, Bupati mendapatkan tunjangan jabatan sebesar Rp3,78 per bulan, dan wakil Rp3,24 juta per bulan.

Bupati dan Wakil Bupati juga dapat perlengkapan seperti mobil dinas, rumah jabatan termasuk biaya pemeliharan sesuai Permen RI Nomor 109 tahun 2000.

Sebagai informasi, Karna Suswandi dan Kadis PUPR Situbondo Eko Prionggo telah ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Situbondo tahun 2021–2024.

"Terkait perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh para tersangka akan kami umumkan saat penyidikan perkara ini telah dirasakan cukup," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika belum lama ini.(*)

Sumber: kilat
Foto: Harta Kekayaan Karna Suswandi, Meningkat Ratusan Juta Hanya Selang 9 Bulan Menjabat Bupati Situbondo. (Foto: Pixabay/situbondokab.go.id/e-lhkpn.kpk.go.id/diedit dengan PicSay Pro)
Hanya 9 Bulan, Harta Kekayaan Bupati Karna Suswandi Bertambah Rp 243,5 Juta, Kini Ditetapkan KPK Tersangka Korupsi Hanya 9 Bulan, Harta Kekayaan Bupati Karna Suswandi Bertambah Rp 243,5 Juta, Kini Ditetapkan KPK Tersangka Korupsi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar