Breaking News

Hari-hari Akhir Jokowi: Tingkat Kepuasan Rakyat Tinggi, Kini Tercoreng Isu Kemewahan dan Dinasti


MASA jabatan Joko Widodo atau Jokowi sebagai Presiden RI akan berakhir 20 Oktober 2024. Terhitung hari ini (5 September 2024), persis tinggal 45 hari lagi Jokowi tinggal di Istana.

Jokowi akan dikenang sebagai Bapak Infrastruktur Indonesia. Selama 10 tahun menjabat, Jokowi meletakkan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama dalam pemerintahannya guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta menciptakan keadilan sosial.

Rincian infrastruktur yang dibangun selama Jokowi menjabat, antara lain 366.000 kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 6.000 kilometer jalan nasional.

Kemudian 2.700 kilometer jalan tol baru, 50 pelabuhan dan bandara baru, 43 bendungan baru, dan 1,1 juta hektar jaringan irigasi baru. Dan masih banyak lagi infrastruktur yang dibangun Jokowi.

Jokowi telah memulai pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Secara perlahan, hutan disulap menjadi Ibukota Negara. Upacara 17 Agustus 2024 sukses diselenggarakan di halaman Istana Negara di IKN Nusantara.

Jelang hari-hari akhir pemerintahannya, Jokowi masih sibuk berkeliling Indonesia untuk meresmikan berbagai proyek infrastrutur yang dibangunnya.

Sebagai kepala negara, Jokowi memberi teladan dengan penampilan sederhana. Jokowi sejak dilantik 20 Oktober 2014 hingga kini masih sering mengenakan baju putih lengan panjang dipadu celana hitam serta sepatu sports. Jokowi juga beberapa kali terlihat makan dengan menu sederhana.

Jokowi dalam berbagai kesempatan juga mengingatkan agar jajaran anak buahnya untuk hidup sederhana. Jokowi menyarankan agar warganya lebih baik berobat di RS di dalam negeri yang rumah sakitnya tak kalah dengan negeri tetangga.

Jokowi juga mengajak agar rakyatnya tidak banyak melancong ke luar negeri karena di Indonesia banyak lokasi wisata yang jauh lebih bagus.

Jokowi dalam pidato di hadapan Perwira Tinggi Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolres seluruh Indonesia di Istana Negara pada Jumat (14/10/2022) secara tegas mengingatkan agar anggota Polri tidak bergaya hidup mewah.

Namun di hari-hari akhir masa jabatannya, keluarga Jokowi justru menjadi sorotan. Saat ribuan rakyat turun ke jalan menolak revisi UU Pilkada oleh DPR, Kaesang dan istrinya, Erina Gudono memamerkan sedang naik pesawat jet pribadi ke Amerika.

Erina Gudono juga memamerkan Kaesang sedang menikmati sepotong roti seharga Rp 400 ribu.

Kemarahan publik terakumulasi lantaran UU Pilkada yang sedang dibahas DPR salah satunya terkait dengan syarat batas usia pencalonan kepala daerah. Kaesang yang belum genap 30 tahun saat pendaftaran, jika UU Pilkada hasil revisi lalu disahkan, maka bisa mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah.

Tak berhenti di Kaesang dan Erina Gudono, warganet juga menyoroti anak dan menantu Jokowi yakni Kahiyang Ayu - Bobby Nasution dalam unggahan foto lamanya sedang turun dari pesawat yang diduga juga pesawat jet pribadi.

Jokowi dan keluarganya di akhir masa jabatannya ini menjadi sorotan tajam. Dalam hal politik, Jokowi juga beberapa kali membantah terlibat dalam cawe-cawe politik, termasuk salah satunya tuduhan mengganjal Anies Baswedan yang batal berkontestasi di Pilgub Jakarta.

Jokowi juga dituduh berada di balik pergantian Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ke Bahlil Lahadalia yang sangat cepat dan mulus pergantiannya melalui Munaslub.

Namun semua tuduhan itu sudah dibantah dan klarifikasi Jokowi maupun anggota kabinet maupun juru bicara Istana.

Sebelum muncul isu cawe-cawe Jokowi di politik dan juga gaya hidup keluarganya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi dan kabinetnnya sangat tinggi.

Pada survei Kompas yang dilakukan 27 Mei-2 Juni 2024, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi mencapai 76,5 persen.

Angka kepuasan terhadap kinerja Jokowi dibanding Desember 2023, naik dari sebelumnya 75 persen.

Masih ada 1,5 bulan bagi Jokowi dan keluarganya untuk kembali menjadi teladan. Jangan ada lagi pamer kemewahan di saat masih ada rakyat yang kesusahan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ucapan permintaan maaf atas kekecewaan rakyat atas pamer kemewahan oleh keluarga Jokowi bisa jadi pilihan terbaik.

Terkait dengan dinasti politik, putra pertama Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024 nanti. Gibran harus dapat meneruskan cita-cita luhur Jokowi membawa negeri ini lebih maju dan berkeadilan sosial, serta demokrasi semakin sehat.

Bagi menantu Jokowi, Bobby Nasution yang sedang ikut berkontestasi di Pilkada Sumatera Utara (Sumut), berkontestasilah secara sehat.

Jangan ada lagi ada tuduhan keluarga Jokowi bisa menang karena menggunakan kekuasaan. Menang yang diperoleh secara demokratis akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, ketimbang menang namun secara moralitas dipertanyakan

Sumber: tribunnews
Foto: TribunStyle.com Kolase/ Instagram @krisdayanti_news @reisabrotoasmoro
Keluarga Jokowi di pesta ulang tahun Sedah Mirah Nasution, Sabtu (03/08/2019). 
Hari-hari Akhir Jokowi: Tingkat Kepuasan Rakyat Tinggi, Kini Tercoreng Isu Kemewahan dan Dinasti Hari-hari Akhir Jokowi: Tingkat Kepuasan Rakyat Tinggi, Kini Tercoreng Isu Kemewahan dan Dinasti Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar