Breaking News

Kaesang Pangarep Lulusan Mana? Buka-bukaan Pernah 'Curang' saat Kuliah, Kini Terseret Isu Gratifikasi


Unggahan jendela pesawat di Instagram Erina Gudono turut menyeret sang suami, Kaesang Pangarep, dalam kontroversi gaya hidup mewah hingga isu gratifikasi.

Kaesang sendiri telah mengklarifikasi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mengaku hanya menebeng private jet milik temannya. Namun pengakuan ini masih menuai pro dan kontra di kalangan warganet.

Isu ini juga membuat sejumlah pernyataan lawas Kaesang kembali disorot, salah satunya ketika anak bungsu Presiden Joko Widodo itu terang-terangan mengaku pernah berbuat curang semasa kuliah.

Hal ini terungkap ketika Kaesang menjadi tamu di program "Q & A - Biasa Aja Bersama Gibran, Bobby dan Kaesang" yang diunggah di kanal YouTube METRO TV pada 18 Juli 2018.

Awalnya Olga Lydia yang hadir sebagai salah satu panelis mengungkit kesibukan Kaesang sebagai pengusaha. Memang kala itu anak-anak serta menantu Jokowi belum terjun ke dunia politik.

"Saya dengar Bapak bilang bahwa, 'Usaha, usaha, usaha, itu baik, tapi jangan lupa sekolah'. Tapi saya lihat bisnisnya Mas Kaesang ini banyak banget, itu gimana? Sekolahnya ditunda dulu atau gimana?" tanya Olga, dikutip pada Sabtu (21/9/2024).

Saat itulah terungkap praktik "kecurangan" yang Kaesang lakukan. Usut punya usut, Kaesang memaksimalkan waktu magang dari kampusnya untuk mengelola bisnis yang kebanyakan didirikan bersama sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

"Ya nggak (ditunda), lanjut (sekolah). Kebetulan di kuliah saya itu ada program kalau 4 tahun (kuliah) harus 6 bulan dipakai buat magang. Kalau saya curang, saya magang di perusahaan saya sendiri. Saya nilai-nilai sendiri. Kalau nilai saya bagus, ya saya semua sendiri. Itu yang saya lakukan," jelas Kaesang.

Untuk diketahui, Kaesang menempuh pendidikan dasar dan menengah pertama di Kota Solo, sebelum disekolahkan ke Anglo-Chinese School International Jurusan International Baccalaureat di Singapura.

Lalu Kaesang melanjutkan studi di bidang Komunikasi ke Singapore University of Social Sciences. Kaesang kini menggenggam gelar akademik B.Sc., di bidang Pemasaran dan mendapat penghargaan tertinggi di bidang Kewirausahaan. 

Sumber: suara
Foto: Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat).
Kaesang Pangarep Lulusan Mana? Buka-bukaan Pernah 'Curang' saat Kuliah, Kini Terseret Isu Gratifikasi Kaesang Pangarep Lulusan Mana? Buka-bukaan Pernah 'Curang' saat Kuliah, Kini Terseret Isu Gratifikasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar